Ternak Bebek Petelur Sistem Baterai

Posted on

Ternak bebek petelur sistem baterai merupakan salah satu cara beternak bebek petelur yang cukup efisienĀ  praktis dan menguntungkan.

Apa itu Kandang Bebek Sistem Baterai

Peternakan jaman now. Begitu ungkapan yang sering kita dengar ketika, bukan cuma ayam petelur saja bahkan, ternak bebek petelur dibikinkan kandang baterei.

Hal itu disebabkan karena selama ini, ternak itik petelur umumnya menggunakan kandang terbuka atau semi umbaran seperti ini:

Ternak Bebek Petelur Sistem Baterei

Sedangkan pembahasan kita kali ini adalah model ternak itik atau bebek dengan sistem baterei seperti ini:

Ternak Bebek Petelur Sistem Baterai

Kandang bebek yang menggunakan sistem baterai ini sebenarnya hampir sama dengan sistem kandang baterai yang digunakan untuk ayam petelur yakni merupakan jenis kandang individual. Susunan tumpukan kandang baterai dikumpulkan dan dirangkai pada suatu lokasi lahan kemudian diberi atap serta dindingnya diberi pagar yang bisa terbuat dari anyaman bambu ataupun kawat. Kandang baterai ini dibuat dengan menggunakan sekat-sekat lalu untuk setiap satuan petaknya hanya diisi dengan seekor bebek. Kemudian pada bagian lantai kandangnya akan dibuat sedikit miring dengan maksud supaya pada saat bertelur maka telur bebek yang baru keluar dari indukan bebek petelurnya akan bisa secara langsung menggelinding ke tempat penampungan yang terdapat pada bagian depan ataupun belakangnya juga bisa. Kandang tipe baterai biasanya dibuat dalam ukuran sekitar 45 cm x 45 cm x 35 cm bagi satu ekor bebek dewasa. Sehingga akan sangat efektif sekali dan hemat lahan. Adapun bahan material pembuatannya dapat menggunakan rangka kawat atau bisa juga dengan menggunakan bilah bambu. Dengan demikian maka kandang baterai ini akan memudahkan dalam pemanenan telur bebek juga akan memudahkan untuk melalukan pengecekan kondisi dan mengontrol bebek peliharaan tang diternakkan secara satu per satu. Dengan begitu maka untuk kontrol kesehatan, juga produktivitas telur serta pertumbuhannya bisa lebih mudah dipantau secara teliti, satu per satu. Meski biaya pembuatannya bisa sedikit lebih mahal jika dibandingkan kandang campur namun kandang tipe baterai ini akan lebih memudahkan dalam mengambil telurnya, dan kadang baterai ini sangat cocok bagi peternak yang luas lahannya terbatas.

Kelebihan Memelihara Bebek Petelur dengan sistem Kandang Baterai

Dengan memilih kandang baterai tersebut maka akan diperoleh sejumlah kelebihan atau keuntungan tertentu sebagai berikut.

Dapat mengurangi suara bising dari luar kandang

Idealnya kandang bebek petelur itu harus tenang dan bebas dari suara bising, karena bebek petelur akan bisa menjadi stres dan lalu sulit bertelur atau menjadi sakit bahkan bisa mati. Oleh karenanya hindari lokasi kandang di tepi jalan raya, bisa pilih halaman belakang. Selain itu bisa gunakan kadang sistem baterai ini untuk menghindari masalah kebisingan.

Lebih Efektif

Luas lahan bisa dimaksimalkan dengan secara tepat dan efisien serta efektif dengan sistem kandang ini, sedangkan tipe kandang lainnya bisa saja akan terlalu sempit atau terlalu padat sehingga akan membuat bebek petelur jadi mudah stres atau justru terlalu luas sehingga tidak efektif karena akan menguras tenaga bebek dan mengurangi produktivitasnya untuk bertelur.

Lebih Praktis dan Memudahkan

Dengan sistem kandang baterai ini maka akan praktis dan lebih mudah dalam melakukan pemantauan serta pengontrolan pada kondisi tiap bebek petelur yang dipelihara, selain itu juga akan mudah dalam proses pengambilan telurnya.

Kondisi Kualitas Telur Bebek Lebih Baik

Kualitas dan kondisi telur bebek yang dihasilkan juga akan lebih terjamin kebersihannya serta tingkat keutuhannya.

Namun ada juga kelemahan Sistem Kandang Baterai ini, yakni biaya pembuatannya yang lebih mahal. Juga dengan proses perkawinan bebeknya yang harus dilakukan dengan secara Inseminasi Buatan (IB), sehingga biaya produksinya juga lebih besar. Meski demikian cukup berimbang dengan kelebihan dan keuntungan yang akan didapatkan.

Ternak Itik model kandang baterai
Beternak Itik petelur, baik itu sistem kandang terbuka (umbaran) ataupun model kandang bateri atau apapun itu tidak masalah. Yang penting suplemennya bagus. Jangan lupa menggunakan SOC HCS untuk diaplikasikan ke pakan atau minumnya.

Kata kunci pilihan:ternak bebek petelor sistem batre,