Makam Kyai Zainal Abidin BulakBlawong dan Makam Kyai Anom Besari Caruban

by

Belakangan ini, makam Kyai Zainal Abidin lebih ramai dari hari-hari sebelumnya. Pasalnya, sudah 2 (dua) kali makam yang berada di Dusun BulakBlawong, Desa Babadan Lor, Kec. Balerejo, Madiun tersebut kedatangan Mbah Cicuk dari Ponorogo.

Kedatangan Beliau dalam rangka ziarah dan mencari tahu siapa sebenarnya Kyai Zainal Abidin. Mbah Cicuk yang masih dzurriyah (keturunan) Kyai Anom Besari Caruban dikenal sebagai ahli dan berkepintaran khusus dalam menelisik makam-makam tua dan bersejarah di Jawa Timur. Teman-teman menyebutnya sebagai sosok pencari fakta.

Apakah makam Kyai Zainal Abidin Bulak Blawong ada kaitannya dengan makam Kyai Hasan Besari (Tegalsari) bin Kyai Ilyas bin Kyai Muhammad Besari (Tegalsari) bin Kyai Anom Besari (Kuncen – Caruban)? Wallahu a’lam.

Kiai Zainal Abidin Cucu Kiai Anom Besari?

Dari segi nama memang ada hubungan keturunan. Kiai Anom Besari yang masih keturunan Kanjeng Nabi Muhammad SAW mempunyai 3 putra;

  1. Kyai Khatib Anom
  2. Kyai Muhammad Besari
  3. Kyai Nur Shodik

Kyai Muhammad Besari (pendiri Pesantren Tegalsari Ponorogo) memiliki 9 (sembilan) putra-putri. Di antara sembilan putra Kyai Muhammad Besari terdapat nama Zainal Abidin.

Sejarah mencatat nama Zainal Abidin bin Muhammad Besari bin Anom Besari diambil menantu oleh sultan Selangor Malaysia.

Akan tetapi, penulis belum menemukan jejak digital kapan Kyai Zainal Abidin wafat dan dimakamkan di mana?

Apakah sosok Kyai Zainal Abidin yang dimakamkan di Bulakblawong Balerejo adalah cucu Ki Anom Besari Kuncen Caruban yang dulu menjadi menantu Sultan Selangor itu? Hanya Allah yang tahu Wallahu a’lam.

Makam Kyai Zainal Abidin
Kunjungan Mbah Cicuk, tim pencari fakta spesialis makam keramat, dari Tegalsari Ponorogo

Baca juga: MAKAM KERAMAT KIAI ZAENAL ABIDIN BULAKBLAWONG MASIH MENJADI MISTERI