CARA TERNAK BEBEK PETELUR MODERN

Posted on

Silakan pelajari di sini √ Cara Beternak Bebek Petelur, √ Persiapan kandang untuk ternak bebek petelur modern, √ serta Penjelasan macam-macam jenis kandang untuk beternak bebek sistem modern.

Bebek atau itik merupakan sejenis unggas yang nilainya tinggi karena permintaan akan daging bebek maupun telurnya tinggi dalam setiap harinya. Hal inilah yang menjadi alasan, mengapa banyak orang yang tertarik untuk budidaya bebek, baik bebek jenis petelur maupun pedaging. Permintaan yang tinggi ini tak lepas dari adanya rumah makan maupun restoran yang semakin bertambah. Tidak hanya itu, tingkat konsumsi masyarakat akan daging bebek juga tinggi. Maka dari itu, Bapak/Ibu dapat melakukan ternak bebek petelur modern agar hasilnya juga maksimal. Untuk melakukan budidaya bebek ini, perhatikan beberapa hal berikut;

Persiapan Kandang

Langkah pertama yaitu persiapan kandang. Kandang sebaiknya disesuaikan dengan jumlah bebek petelur yang akan dibudidaya nantinya. Berilah alas kandang dengan sekam. Fungsi sekam ini adalah agar bapak/Ibu bisa memantau telur-telur bebek dengan lebih mudah. Dalam menyiapkan kandang, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal berikut;

Pastikan kenyamanan dan keamanan lokasi

Pastikan lokasi kandang bebek petelur yang jauh dari keramaian, seperti pemukiman penduduk. Tujuannya agar bau kotoran bebek tidak mengganggu warga yang tinggal di lokasi dekat kandang tersebut. Bukan hanya kotoran, namun limbahnya juga akan sangat mengganggu. Pastikan juga lokasi kandang aman dari gangguan binatang. Kandang bebek juga harus berada dekat dengan sumber air karena air sangat dibutuhkan oleh bebek petelur.

Menentukan jenis kandang

Setelah anda menemukan lokasi yang tepat, selanjutnya Bapak/Ibu perlu menentukan jenis kandangnya. Jenis kandang ini perlu disesuaikan dengan bagaimana karakter lokasi sekitarnya. Adapun jenis-jenis kandang untuk bebek petelur adalah sebagai berikut;

–        Kandang sistem panggung

Kandang jenis ini sangat cocok diterapkan pada lokasi yang memiliki kondisi tanah kasah dan konturnya tidak rata. Dengan jenis kandang yang seperti ini, maka kondisi kandang bisa selalu terjaga, tetap dalam keadaan kering sehingga terhindar dari penyakit. Sistem kandang panggung juga dapat meminimalkan dari serangan hewan predator berbahaya seperti ular, buaya, biawak, dll.

–        Kandang sistem lantai

Kandang jenis ini memang banyak digunakan oleh para peternak karena mudah dibuat dan biaya yang dibutuhkan juga tidak banyak. Untuk lahan kering dan berpasir sangat cocok menerapkan sistem kandang yang seperti ini.

–        Kandang Baterai

Kandang baterai ini biasanya dengan dibuat ruangan untuk masing-masing bebek. Kandang yang seperti ini memang paling efektif karena peternak dapat memantau bagaimana produksi telur bebek serta kondisi telur lebih bersih. Itulah beberapa hal terkait bagaimana cara beternak bebek petelur. Tidak sampai di situ, Bapak/Ibu juga perlu menyediakan peralatan beternak seperti; tempat makan dan minum. Mengatur suhu dan kelembaban juga perlu dipertimbangkan agar kondisi bebek sehat dan telur bagus. Selain suhu, pencahayaan kandang juga berperan penting dalam beternak bebek petelur ini. Maka dari itu, Bapak/Ibu dapat menambahkan ventilasi di kandang agar sirkulasi udara bagus dan lancar. Tidak hanya itu, cahaya matahari juga bisa masuk ke dalam kandang dengan maksimal saat siang hari.