Cara Beternak Bebek Petelur: 6 Langkah Mudah

Posted on

Silahkan pelajari dengan seksama √ cara beternak bebek petelur, √ persiapan apa saja yang musti diketahui sebelum budidaya itik petelur, √ meningkatkan produksi telor itik dan √ mengantisipasi gangguan penyakit pada bebek petelor pada artikel ini.

cara beternak bebek petelur

Cara beternak bebek petelur pasti banyak dicari tahu oleh masyarakat yang ingin memulai usaha satu ini dari awal. Seperti yang sudah diketahui, ternak bebek memang menjadi salah satu peluang usaha dimana sanga menjanjikan dan menggiurkan. Ada 2 jenis bebek yang dapat diternak yakni bebek petelur dan pedaging. Telur bebek sendiri memang dikena mempunyai segudang manfaat cukup banyak dibandingkan dengan telur ayam.

Cara beternak itik petelur sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara beternak itik pegading. Walaupun kedengarannya mudah, tetapi memulai ternak bebek ternyata tidaklah semudah yang ada di bayangan. Terlebih lagi apabila anda belum memiliki pengalaman beternak sebelumnya. Jika tidak ingin gagal, maka ada beberapa hal yang wajib untuk andaketahui.

Cara Beternak Bebek Petelur dengan Mudah

Baik ternak bebek petelur sistem baterai atau dengan cara yang lainnya, anda memang tidak boleh menyepelekan setiap bagian didalamnya ketika akan memulai usaha satu ini. walaupun telur bebek memiliki harga jual cukup tinggi, tetapi apabila anda tidak dapat mengelola bisnis anda dengan baik ternyata akan memberikan kerugian.

Agar bisnis ternak itik ini anti gagal, berikut cara memulai usaha ternak bebek atau itik ini.

1. Siapkan modal untuk mulai beternak

Apapun jenis usaha yang ingin anda buka? Moda memang menjadi salah satu elemen yang sangat penting agar usaha dapat berjalan dengan baik. Modal tersebut nantinya digunakan untuk membeli berbagai macam peralatan dan perlengkapan yang mendukung proses ternak bebek anda tersebut.

Adapun modal tersebut dapat digunakan untuk menyewa lahan apabila anda belum mempunyai lahan, membuat kandang, membeli pakan, memilih bibit dan jenis perawatan lainnya. Jika modal yang anda miliki sendiri belum cukup, maka melakukan pinjaman dari bank atau lembaga pinjaman lainnya dapat menjadi pilihan terbaik.

2. Persiapan lahan untuk kandang bebek

Cara ternak bebek petelur pemula berikutnya adalah dengan menyiapkan lahan untuk kandang. Seperti yang sudah diketahui, bebek sendiri merupakan salah satu jenis unggas, itulah mengapa anda harus menyiapkan lahan luas dan jauh dari pemukiman warga agar tidak mengganggu manusia.

ini juga sebagai cara untuk menghindari adanya penularan penyakit dari hewan unggas ke manusia. Untuk anda yang ingin memulai bisnis ternak telur bebek, anda dapat memulainya dengan 50-100 ekor bebek. Untuk itulah pastikan lahan cocok untuk kandang bebek.

3. Membuat kandang untuk bebek

Sama seperti dengan cara beternak bebek pedaging untuk pemula, anda juga harus menyiapkan kandang sebagai tempat tinggal untuk bebek petelur. Ada beberapa jenis kandang yang bisa digunakan seperti kandang panggung, litter hingga kandang yang menggunakan sistem baterai.

Untuk anda yang memiliki area lahan dimana rentan terhadap banjir atau genangan air, maka kandang panggung dapat menjadi pilihan terbaik. sedangkan untuk anda yang ingin menghemat biaya pengeluaran kandang litter adalah solusinya. Kandang litter ini sendiri terdiri dari pagar-pagar dimana didalamnya terdapat ruang tertutup dan terbuka.

Pastikan apabila kondisi dari kandang nyaman dimana harus kering dan bersih dari kotoran. Pastikan apabila kandang utama harus tertutup karena biasanya bebek akan merasa kaget dengan hewan lainnya. Selain nyaman dan bersih, bebek harus mempunyai ruang gerak yang cukup didalam kandang. Biasanya 1 m2 muat untuk ditempati 2 ekor bebek petelur.

Sedangkan untuk tinggi kandang bisa menyesuaikan dengan tinggi badan anda agar memberikan kemudaan bagi anda ketika memelihara mereka seperti memberikan makan minum. Tinggi kandang idealnya adalah 2,5 sampai 3 m

4. Penerangan kandang bebek

Proses pembuatan kandang ternak bebek petelur modern sudah siap. Anda juga harus menyiapkan penerangan untuk kandang. Menerangkan ini sendiri memang menjadi hal cukup penting untuk bebek petelur. Selain dapat memberikan anda kemudaan dalam melakukan pengawasan dan pemeliharaan, penerangan akan membuat mereka merasa lebih nyaman dan hangat.

5. Siapkan pakan dan peralatannya

Jangan sampai anda sudah membeli bibit bebek petelur tetapi ternyata anda belum menyiapkan pakan dan peralatannya. Nah, cara ternak bebek petelur berikutnya adalah dengan menyiapkan pakan dan peralatannya terlebih dahulu. Pakan ini sendiri ternyata memiliki pengaruh cukup besar terhadap hasil dari telur bebek tersebut.

Pastikan anda juga sudah menyiapkan peralatan untuk pakan dan minum bebek anda agar mudah untuk dijangkau. Makanan untuk ternak bebek sendiri biasanya berasal dari berbagai macam campuran seperti ikan.

6. Proses pemilihan bibit petelur

Masih ada cara beternak bebek peking berikutnya adalah proses pemilihan bibit petelur. Pemilihan bibit ini ternyata juga sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan anda memilih bibit yang unggul agar dapat memproduksi telur secara maksimal.

Ada beberapa jenis bebek yang biasanya dibudidayakan seperti bebek petelur tegal, alabio, khakicambell, petelur bai dan masih banyak lagi. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan agar memperoleh bibit unggulan.

Diantaranya adalah dengan memilih telur tetas yang berasal dari induk bebek yang sudah terjamin keunggulannya, memelihara induk bebek petelur yani pejantan dan betina unggul hingga membeli dayoldofduck  dari pembibitanyang suda terkenal.

Proses perawatan bebek petelur

Sebelum memasuki masa panen, maka proses perawatan bebek petelur memang sangat penting untuk dilakukan hingga usia bebek sudah mencapai umur siap bertelur. Adapun perawatan tersebut dapat meliputi pemberian pakan setiap hari, pembersihan kandang, hingga pemberian vaksin agar bebek tidak terjangkit dengan penyakit.

Selain itu, agar bebek dapat menghasilkan telur berkualitas, maka pastikan apabila bebek diberikan pakan yang sesuai. Pakat yang tepat untuk bebek biasanya mengandung protein tinggi, energi dan mineral. Tetapi, anda juga bisa meracik sendiri pakannya seperti biji-bijian dan sayuran yang dicampurkan dengan konsentrat pabrikan.

Jangan lupa buat mengecek suhu kandang secara rutin. Pastikan apabila suhu kandang tersebut kisaran 27 hingga 30 derajat celcius. Jika suhu terlalu panas atau dingin dapat menyebabkan bebek terkena penyakit dan berisiko untuk mengalami kematian.

Bebek siap dipanen telurnya

Sudah tahu bagaimana  cara beternak bebek petelur kering ? saatnya memasuki usia panen. Pada usia 5-7 bulan, bebek biasanya sudah mampu untuk mengeluarkan telur. Tetapi pada awal umur produktif, biasanya jumlah telur yang dihasilkan memang belum stabil. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena bebek tersebut dapat bertelur lebih banyak jika usianya sudah cukup bahkan dapat mencapai 70-80 butor telur per hari.

Tetapi sayangnya, ketika usia bebek telah menginjak 12 bulan ke atas, maka produktivitas yang dimiliki akan mengalami penurunan. Untuk anda yang ingin melakukan pemanenan, ada baiknya melakukan pada pukul 6 pagi. Budidaya bebek petelur memang menjadi salah satu peluang usaha cukup menjanjikan karena harga telur bebek yang relatif mahal dibandingkan ayam. Untuk anda yang ingin memeliharanya, ketahui cara beternak bebek petelur yang tepat.

Video Beternak Bebek / Itik Petelur: