Cara Beternak Bebek Pedaging Untuk Pemula

Posted on

Tak hanya cara beternak bebek petelur yang perlu diketahui, namun juga cara beternak bebek pedaging untuk pemula yang perlu diketahui serta dikuasai pula, yakni antara lain guna membandingkan mana yang lebih cocok dan lebih menguntungkan untuk segera mulai ditekuni, terutama oleh para peternak pemula.

Ternak Bebek Pedaging

Ternak bebek pedaging relatif lebih mudah bagi peternak pemula, antara lain karena tidak terlalu rumit dan tak perlu memikirkan proses perkawinannya juga dan lain sebagainya. Terdapat beberapa jenis bebek pedaging yang bisa dipilih, antara lain sebagai berikut.

Bebek Branti

Bebek branti bisa dipilih sebagai bebek pedaging karena cukup diminati pasar. Banyak konsumen yang memilih bebek pedaging Branti karena dinilai memiliki rasa yang khas dan enak. Bebek Branti ini adalah hasil persilangan antara entok betinda dan bebek itik local dari jenis alabio ataupun tegal. Jenis bebek branti ini tidak terlalu besar ukurannya, dengan berat rata-rata 2,5 kg hingga 3 kg per ekornya.

Bebek Muscovy

Bebek Muscovy juga kerap disebut sebagai entok atau sebagai itik manila. Jenis ini banyak dipilih dalam bisnis usaha ternak bebek potong karena berat optimalnya yang cukup tinggi. Rata-rata berat bebek manila yang telah siap panen itu ialah antara 3 kg hingga 3.5 kg per ekor. Selain itu bebek Muscovy atau itik manila juga memiliki pengeraman yang baik, jadi cukup mudah dalam pengembangbiakannya.

Bebek Peking

Jika dibandingkan dengan bebek jenis branti dan bebek muscovy, maka bebek peking ini adalah yang paling populer dan paling banyak diminati diternakkan untuk sebagai bebek pedaging.

Kandang Bebek Pedaging

Kandang bebek dari terbuat dari kayu, atau bambu, atau besi. Jaga suhu kandang supaya stabil pada suhu yang optimal yakni sekitar ± 39 derajat Celcius dan tingkat kelembapan kandang bagi bebek pedaging yang ideal itu ialah sekitar 60 % hingga 65 %. Sediakan juga penerangan yang  baik di kandang untuk memudahkan pengawasan, dan pengaturan serta keamanannya. Pilih bentuk serta desain kandang yang memudahkan dalam proses pembersihan, dan sirkulasi udaranya lancar, supaya ternak bebek bisa merasa nyaman dan tidak mudah stress  lalu sakit dan mati. Usahakan kandang juga mendapat sinar matahari dengan cukup dan baik. Pastikan suhu kandang sudah cukup hangat saat hendak menempatkan bibit bebek pedaging DOD.

Pilih DOD Bebek Pedaging

Pilihlah DOD yang sehat dan tidak cacat, jika ada maka pisahkan yang cacat dari yang sehat. Pelihara DOD bebek pedaging dalam jumlah minimal 100 ekor agar bisa Balik modal. Pada saat baru tiba di kandang selama satu jam beri minuman air larutan gula merah, lalu lanjutkan dengan beri air putih yang dicampur vitamin guna membangkitkan selera makannya sesudahnya, dan lalu mulai bisa diberi pakan sedikit demi sedikit.

Pemeliharaan Bebek Pedaging

Pada saat bebek berusia 1 hari hingga 14 hari, berikan pakan yang dicampurkan dengan sedikit air dalam frekuensi lima kali sehari. Lalu jika memungkinkan maka bisa dengan secara perlahan-lahan diturunkan suhu pemanas dan bisa mulai dilepas secara total. Lalu ketika bebek pedaging sudah mencapai umur 15 hari hingga 20 hari, maka ukuran badannya akan makin jadi besar dan kemudian siap untuk dipindahkan ke kandang yang lebih besar ukurannya, dan bisa diberi pakan jenis grower yang lebih bertekstur. Campurkan pakan dengan sedikit air dan lalu berikan dalam frekuensi selama tiga kali sehari. Juga jaga dan pastikan bahwa selalu tersedia air minum yang cukup dan bersih di kandang, serta berikan obat anti stres pada saat bebek telah mencapai usia 20 hari. Kemudian pada saat umur 35 hari  maka bebek pedaging sudah bisa dipanen.