CARA BETERNAK AYAM POTONG RUMAHAN UNTUK PEMULA

Posted on

Cara beternak ayam potong rumahan cukup mudah untuk dilakukan oleh pemula. Beternak dengan ayam potong atau unggas rumahan juga merupakan salah satu bisnis dengan peluang yang menjanjikan. Permintaan daging ayam yang terus meningkat menjadikan bisnis ternak ayam rumahan sebagai bisnis yang mampu menghasilkan keuntungan dalam waktu singkat. 

Cara Beternak Ayam Potong Yang Baik

Sebelum memulai usaha peternakan ayam, Anda harus menentukan terlebih dulu lokasi peternakan. Cara beternak ayam potong yang baik adalah dengan memilih lokasi kandang yang mudah diakses namun jauh dari kebisingan dan rumah penduduk. Pastikan alat transportasi dapat masuk dengan mudah namun lingkungan tetap bebas polusi. 

Pemeliharaan dan pembibitan juga harus dilakukan dengan benar. anda harus memastikan untuk memilih bibit yang unggul. Pemberian pakan yang tepat juga akan memengaruhi hasil panen nantinya. Untuk itu sebelum memulai pembuatan peternakan rumahan sebaiknya siapkan beberapa hal berikut ini. 

Biaya Investasi Awal Beternak Ayam Potong (Broiler) Rumahan 

Cara beternak ayam potong rumahan juga tidak memerlukan modal yang besar. Perkiraan biaya yang harus Anda keluarkan masih di bawah 30 juta dengan asumsi menggunakan lahan milik Anda sendiri. Beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah kandang.

Untuk membudidayakan sekitar 3000 ekor ayam maka Anda perlu membuat kandang dengan ukuran yang sesuai. Untuk 3 ribu ekor ayam, diperkirakan biaya pembuatan kandang akan memakan dana sebesar 12 juta rupiah. 

Peralatan lain yang harus disediakan adalah 4 buah gasolek yang harganya sekitar 2.4 juta rupiah. Empat buah tabung gas sekitar 1.2 juta rupiah. Lalu sediakan juga sekitar 72 buah tempat pakan. Tempat pakan ini kira – kira harganya 2.2 juta rupiah. 

Beberapa peralatan lain untuk penerangan seperti kabel 100 mm (200 ribu rupiah) dan 18 bohlam lampu juga harus disediakan. Untuk bohlam dan kabel kira – kira akan memakan anggaran sebesar 650 ribu rupiah. Jangan lupa sediakan sekop untuk membersihkan kandang ayam dan juga tempat minum. Untuk tempat minum, cukup sediakan 48 buah saja (sekitar 3juta rupiah) dirasa sudah cukup untuk 3 ribu ekor ayam.

Biaya Bulanan Untuk Operasional

Untuk operasional peternakan ayam rumahan. Diperkirakan akanmemakan biaya sebesar 4 juta rupiah. Biaya ini diluar pembelian anakan ayam. Biaya – biaya yang masuk dalam biaya operasional adalah pakan ayam, listrik, air, gas, gaji karyawan untuk dua orang serta vitamin.

Khusus untuk vitamin sendiri ada beberapa yang harus dipersiapkan. Vitamin untuk ayam potong dan ayam petarung tentu berbeda. Jadi harus disesuaikan dengan jenis ayam yang diternakkan. Ayam broiler dan ayam kampung juga harus diberikan nutrisi yang sesuai. Vitamin buat ayam broiler sendiri mereknya ada berbagai macam. Berikut ini adalah beberapa vitamin yang harus dipersiapkan saat melakukan usaha peternakan.

Vitamin Untuk Ayam Pedaging / Broiler

Ayam broiler merupakan ayam yang paling banyak diternakkan khususnya ayam pedaging. Karena, permintaan pasar terhadap daging ayam cukup tinggi sehingga perputaran uang untuk usaha ayam pedaging lebih cepat.

Agar ayam broiler Anda cepat menghasilkan uang, maka Anda harus memberikan tambahan nutrisi berupa vitamin pemacu pertumbuhan ayam broiler. Vitamin untuk mempercepat ayam broiler harus fokus pada penyerapan nutrien serta deposisi pada kompartemen tubuh ayam pedaging. Tidak hanya cukup mengandalkan satu jenis vitamin, khusus untuk ayam broiler diperlukan banyak vitamin.

Berlaku juga untuk vitamin penggemuk ayam joper. Untuk skala kecil, Anda bisa menggunakan vitachick atau vitastress. Vitamin ini merupakan vitamin yang biasanya diberikan pada anakan ayam untuk menghindari stress dan mati. 

Sedangkan vitamin pemacu pertumbuhan ayam broiler yang biasa digunakan adalah neobro. Neobro merupakan vitamin untuk penggemuk badan ayam pedaging. Anda juga bisa menambahkan vitamin NASA atau Natural Nusantara yang merupakan vitamin penambah nafsu makan ayam broiler. 

Dengan mengkombinasikan beberapa vitamin dan nutrisi maka ayam akan lebih banyak makan sehingga daging yang dihasilkan juga lebih banyak. Namun perlu diketahui bahwa pemberian vitamin juga harus sesuai dengan kebutuhan.

Apabila tidak sesuai maka bisa mengakibatkan gagal panen. Selain itu, pemberian vitamin dalam jumlah banyak akan meningkatkan biaya operasional sehingga keuntungan yang didapat tidak sebanding. Bagi Anda yang masih pemula dan ingin mendapatkan untung banyak, sebaiknya gunakan vitamin ayam yang memiliki kandungan nutrisi lengkap dan seimbang. Salah satu rekomendasi vitamin untuk ayam terbaik saat ini adalah soc hcs untuk ayam broiler. 

Soc hcs untuk unggas merupakan vitamin untuk unggas (ayam dan bebek) yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas daging. Dengan menggunakan SOC HCS maka produksi daging akan meningkat. Kesuburan ternak juga akan cukup tinggi. Sehingga bisa menekan biaya operasional Anda nantinya.

Meski demikian, pemilihan bibit yang unggul juga menjadi kunci penting dalam keberhasilan peternakan ayam. Dengan perawatan dan pemberian nutrisi tepat serta pemilihan bibit yang baik, maka hasil ternak yang dipanen akan jauh lebih besar dan menguntungkan. Berikut ini tips memilih bibit yang baik.

Tips Memilih Bibit Atau Anakan Ayam Potong

Memilih anakan ayam broiler atau bibit yang tepat akan sangat memengaruhi tingkat keberhasilan peternakan. Saat memilih anakan atau bibit ayam broiler pastikan Anda memilih bibit yang aktif dan sehat. Jangan sampai ada anakan yang cacat fisik atau sakit. 

Pilihlah anakan ayam broiler yang gemuk, bulat dan berisi. Juga perhatikan bulu anakan ayam. Pastikan bulu anakan ayam yang Anda pilih sehat dan bercahaya serta tidak kusam. Setelah itu perhatikan juga daerah sekitar anus. Sekitaran anus yang kotor menandakan anakan ayam tersebut kualitasnya kurang baik. Jadi, pilih anakan ayam yang bersih. Hidung dan mata unggas juga harus bersih. Usahakan untuk mendapatkan bibit yang memiliki mata tajam. 

Dengan memilih bibit unggas atau ayam broiler terbaik, maka kemungkinan ayam mati dalam jumlah besar dapat ditekan. Asal diimbangi dengan pemberian pakan dan nutrisi yang tepat. Pakan harus selalu tersedia dan tanpa batas. Sesuaikan juga jenis pakan dengan usia ayam.

Untuk anakan yang masih berumur 7 hari, taruh dalam incubator dan beri pakan yang cukup serta minum air hangat. Perlahan mulai kurangi suhu dan berikan crumbles. Secara perlahan mulai hilangkan pemanas setelah ayam tumbuh bulu yang cukup. Lalu gandakan pakan agar ayam cepat tumbuh. Bersihkan kandang secara rutin ketika ternak sudah mulai diberi pakan dalam jumlah banyak. Tujuannya agar kandang tetap bersih dan ayam bebas penyakit.  Itulah tadi beberapa panduan atau cara beternak ayam potong yang baik. Pastikan juga selalu memerhatikan kebersihan lingkungan sekitar kandang agar tidak mengganggu sekitar. Lingkungan yang bersih juga akan menghindarkan ayam terkena berbagai serangan penyakit yang bisa mengakibatkan kerugian besar. Pastikan juga pencahayaan untuk kandang tepat. 

SOC HCS SEBAGAI SOLUSI PETERNAKAN LAYAK DIPERTIMBANGKAN PENGGUNAANNYA DALAM BUDIDAYA AYAM BROILER atau AYAM POTONG (PEDAGING)

CARA TERNAK AYAM POTONG