Tips Ternak Kambing
Pak Guru Samar sedang memberi makan kambing gibasnya sambil berbagi tips ternak kambing buat pemula

Tips Ternak Kambing: Guru Ini Pelihara 52 Ekor Domba Tanpa Ngarit

Posted on

Tips Ternak Kambing kali ini berasal dari seorang pahlawan tanpa tanda jasa alias pak guru. Karena kemudahan pelihara kambing yang tanpa ngarit, tanpa angon, memungkinkan beliau menekuni usaha ini selepas mengajar dari sekolah.

Tips Ternak Kambing
Pak Guru Samar sedang memberi makan kambing gibasnya sambil berbagi tips ternak kambing buat pemula

Ketika diwawancarai, Pak Guru yang bernama Samar ini sedang memberi makan kambing-kambingnya. Tak tanggung-tanggung, pak guru beternak 52 ekor kambing sekaligus. Semuanya ditempatkan di kandang panggung. Bagaimana tips ternak kambing pak guru sehingga dinamakan tanpa ngarit dan tanpa angon?

Tips Ternak Kambing Modern dengan Pakan Fermentasi

Kunci sukses peternakan kambing domba beliau ada pada PAKAN. Beliau memberi pakan fermentasi pada kambing / domba peliharaannya. Jadi, beliau sudah menerapkan cara modern dalam beternak kambing. Bukan lagi cara konvensional di mana peternak harus cari rumput (ngarit), atau mengembalakan kambing (angon) di padang rumput.

Tips Sukses Ternak Kambing

Apa tidak rugi kalau menggunakan pakan fermentasi?

Coba simak tips ternak kambing beliau di video di bawah ini. Tampak jelas sekali bahwa pakan kambing domba yang diberikan bukan berasal dari bahan mahal. Melainkan dari limbah pertanian yang sudah terbuang. Seperti kulit singkong, kulit jagung, jerami, dll. Campur-campur alias gado-gado.

Agar kambing mau makan limbah pertanian, bahan-bahan tadi harus difermentasi terlebih dahulu. Pakan fermentasi untuk kambing Jawa maupun gibas bisa ditimbun untuk beberapa bulan. Inilah tips sukses ternak kambing beliau sehingga tidak perlu mencari rumput setiap hari. Sekali bikin pakan fermentasi dibanyakin lalu ditimbun. Setiap harinya, beliau dibantu anggota keluarga yang lain tinggal ambil secukupnya dari timbunan pakan untuk diberikan kepada kambing-kambingnya.

Tips Sukses Ternak Kambing Tanpa Ngarit, Tanpa Angon

52 ekor kambing bisa dihandle oleh beliau dan anak-anaknya. Padahal, di pagi hari hingga jam 1 siang, beliau punya kesibukan mengajar di kelas. Andaikan menganut cara ternak kambing konvensional pasti tidak mungkin.

Tips Ternak Kambing untuk pemula

Bentuk kandang kambing diatur sedemikian rupa sehingga kotoran terpisah dan kondisi kambing bersih. Kambing merasa nyaman. Pemilik ternak pun senang karena terbebas dari bau.

Tips penting yang tidak boleh dilupakan dalam beternak kambing adalah proses pembuatan pakan fermentasi.

Baca juga Tips Cara Sukses Ternak Pemula ala Ibu2 di:

Ibu Hajjah Ternak 75 ekor Kambing Tanpa Rumput, Tanpa Angon

Pak guru Samar, dalam proses pembuatan pakan fermentasi tidak sembarangan memilih fermentor (obat fermentasi). Tak mau main-main dengan hal yang satu ini, beliau memilih suplemen organik sebagai fermentor. Pilihan beliau jatuh pada SOC (suplemen organik cair) dari PT HCS.

Tips Ternak Kambing: Gunakan Suplemen Organik Cair – SOC HCS

SOC sendiri merupakan suplemen organik cair yang memberikan berbagai manfaat untuk hewan ternak, dalam hal ini kambing yaitu baik kambing pedaging maupun kambing yang hanya diambil susunya saja.

Seperti nama produknya sendiri, yaitu SOC (suplemen organik cair) yang menandakan bahwa produk ini terbuat dari 100% bahan alami. Sehingga anda tak perlu khawatir jika produk ini akan membahayakan kesehatan hewan ternak anda. Yang ada justru berbagai manfaat yang tak bisa anda peroleh dari pakan segar malah bisa anda peroleh dengan membuat pakan fermentasi menggunakan SOC ini.

Tips Ternak Kambing lainnya:

  1. Solusi Kambing Tidak Mau Makan Pakan Fermentasi SOC HCS
  2. APAKAH PAKAN FERMENTASI POLA SOC HCS BIKIN KAMBING (DOMBA) MANDUL / MAJER?

  3. Proses Pembuatan Pakan Fermentasi Kangkung (Ternak Kambing Modern)

SOC Suplemen Organik Cair untuk Kambing
SOC HCS untuk Ternak Kambing Modern Tanpa Ngarit, tanpa angon dan tanpa bau kotoran

Manfaat SOC HCS untuk Ternak Kambing/Domba

Nah, sebenarnya apa sajakah manfaat SOC untuk hewan ternak kambing? Berikut beberapa diantaranya.

  1. Dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan pada hewan ternak. Sehingga setiap makanan yang diberikan dapat diolah dengan maksimal. Dengan begitu, secara otomatis maka pakan tersebut akan dibentuk menjadi energi dan daging yang kemudian membuat kambing menjadi lebih cepat gemuk.
  2. SOC juga dapat meningkatkan level kualitas dan kuantitas hasil produksi ternak. Ya, tak hanya kuantitas yang berupa jumlah daging dan susu yang dihasilkan menjadi lebih banyak. Namun juga kualitas daging dan susu yang dihasilkan lebih baik. Dalam hal ini untuk daging sendiri akan menjadi lebih padat dan jarang terdapat selaput lemak. Sedangkan untuk susu akan lebih baik dalam segi nutrisi dan kekentalannya.
  3. Nah manfaat yang berikutnya ini akan sangat membantu hewan ternak kambing anda menjadi sangat cepat gemuk, dimana SOC juga dapat meningkatkan nafsu makan hewan ternak anda.
  4. Manfaat berikutnya yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol. Ya, tak hanya manusia, kambing pun berpotensi memiliki kadar kolesterol tinggi. Yang apabila kambing tersebut dikonsumsi manusia maka kolesterol di dalamnya akan berpindah ke tubuh manusia. Al hasil dapat mengganggu kesehatan anda bukan?
  5. Selain dapat membuat kambing menjadi lebih gemuk, SOC juga mampu membuat kambing lebih kebal terhadap berbagai serangan penyakit. Hal ini karena SOC mampu meningkatkan daya imun pada kambing.

Jika anda biasanya enggan merawat kambing karena bau kotorannya yang sangat menyengat, namun dengan menggunakan SOC anda tak perlu mempermasalahkan hal itu lagi, sebab SOC juga dapat mengurangi bau tak sedap pada kotoran kambing.

Tips Ternak Kambing Pemula – untuk info Harga SOC HCS dan Belinya klik: SUPLEMEN ORGANIK CAIR – SOC HCS.

[VIDEO] Tips Sukses Ternak Kambing Tanpa Ngarit, Tanpa Angon


Semoga Tips Ternak Kambing Gibas dari pak guru Samar kali ini bisa menginspirasi para pemula agar sukses di bisnis budidaya kambing pola modern.

Rekaman kata kunci:

pakan domba tanpa rumput,cara merawat kambing tanpa ngarit,ternak kambing tanpa kandang,cara membuat pakan kambing tanpa ngarit,resep ternak kambing,ternak kambing tanpa ngarit#spf=1,cara beternak domba tanpa ngarit,kambing tanpa rumput,hcs ternak kambing tanpa kandang,Berternak tanpa ngarit,makanan domba,ternak kambing tanpa cari rumput,ternak kambing pemula,cara ternak domba tampa ngarit tampa angon,ternak kambing tidak usah ngarit,kambing di gembala jam 1 siang,buat peternakan kambing,tips ternak,pakan ternak kambing supaya urinenya tidak bau,cara cepat budidaya kambing kibas,cara ternak kambing tanpa angon,ternak domba tampa ngarolit,pelihara kambing gibas,pakan ternak kambing tanpa ngarit,cara berternak domba,YouTube jenis kambing/Domba yg nggak brisik,kambing tidak usah ngaret,kuliah sambil ternak kambing,ibu rumah tangga ternak domba tanpa harus ngarit atau ngangon,pakan domba gibas,ccara ternalk kambing /domba,pakan domba tanpa ngarit,memelihara kambing dgn cara angon,