TERNAK KAMBING TANPA NGARIT Tanpa Angon Pola HCS

Posted on

Ternak kambing tanpa ngarit tanpa angon diperkenalkan oleh komunitas mitra HCS Indonesia. Tidak seperti peternakan konvensional, budidaya kambing pola HCS ini mengusung metode modern. Di mana pemenuhan pakan ternak kambing atau domba tidak dicari dengan cara ngarit. Melainkan pakan fermentasi yang mampu bertahan bertahun-tahun.

Ngarit dan angon, keduanya berasal dari bahasa Jawa. Ngarit artinya menyabit rumput. Sedangkan angon berarti mengembala. Jadi, ternak kambing tanpa ngarit tanpa angon maksudnya adalah usaha budidaya kambing atau domba sedemikian rupa sehingga peternak tidak setiap hari mencarikan rumput untuk piaraannya. Di samping itu, peternak juga tidak perlu repot-repot mengembalakan kambing tiap hari.

Dengan metode ternak modern ini, seseorang bisa saja beternak ribuan kambing tanpa rumput. Sehingga, meski di musim kemarau pun, ternak kambing tetap jalan terus.

TERNAK KAMBING TANPA NGARIT Tanpa Angon

Kandang untuk Ternak Kambing tanpa Ngarit tanpa Angon

Karena kambing selalu berada dalam kandang, maka kondisi kandang harus selalu bersih. Apa mungkin? Sangat mungkin. Cara pembuatan kandang harus diperhatikan. Ternak kambing tanpa ngarit tanpa angon menuntut model kandang panggung. Ini syarat mutlak untuk kandang. Jika tidak, peternak akan dibikin repot tiap hari membersihkan kandang agar kotoran tidak berbaur dengan ternak.

Kandang kambing bentuk panggung dimaksudkan agar kotoran jatuh ke bawah. Sehingga bulu dan badan kambing tidak belepotan kotoran yang sangat mungkin menimbulkan penyakit. Dengan begitu, meski kambing-kambing terus berada dalam kandang berbulan-bulan tanpa diangon pun tidak jadi masalah.

Makanan untuk Ternak kambing tanpa ngarit tanpa angon

Karena peternak menyandang gelar tidak ngarit dan tidak angon, sementara kambing harus tetap terpenuhi makan dan minumnya, maka solusinya ada pada pakan fermentasi. Pola HCS mengajarkan pembuatan pakan fermentasi dengan memanfaatkan limbah pertanian dan daun-daunan yang ada di sekitar. Semua bahan yang tersedia diolah dengan cara fermentasi menggunakan suplemen organik cair, biasa disebut SOC.

Pembuatan pakan fermentasi dengan SOC HCS memakan waktu paling cepat 1 hari. Peternak bisa menimbun pakan fermentasi sebanyak yang ia mampu. Tidak perlu khawatir akan kehabisan pakan lagi. Cukup sekali bikin pakan fermentasi dan bisa ditimbun di tempat aman. Ambil secukupnya tiap hari untuk disuguhkan ke ternak kambing atau domba.

Di bagian lain dari artikel di website ProgramHCS.com ini dikisahkan bagaimana seorang ibu rumah tangga bisa Ternak kambing tanpa ngarit tanpa angon. Beliau memiliki 75 ekor kambing. Pastinya, beliau tidak perlu kesana kemari mencari rumput (ngarit). Karena sudah tersedia timbunan pakan hasil fermentasi dengan menggunakan SOC HCS.

 

Mitra HCS ini Bisa Menghandel 600 ekor Ternak kambing tanpa ngarit

Panggilan akrabnya Pak Jek. Beliau pemilik usaha aqiqah dan qurban. Setiap tahun menghadapi hari raya Idul Adha, beliau menyiapkan tak kurang dari 600 ekor kambing atau domba dan ratusan ekor sapi. Tak terbayang jika pemenuhan pakan ternak sebanyak itu harus ngarit mencari rumput.

Alhamdulillah, beliau menemukan solusi beternak kambing tanpa ngarit tanpa angon pola HCS. Sehingga beliau bisa lebih fokus pada pemasaran hewan ternak saja. Untuk pakan, semua sudah menggunakan pakan fermentasi.

Sebelumnya, pria yang sudah lebih dari 18 tahun terjun di peternakan ini selalu mencari tenaga “NGARIT” untuk persiapan hari raya kurban. Mau tau biaya petugas ngaritnya? Gak banyak, cuma 40 juta saja selama 4 bulan menjelang Idul Adha.

Setelah mengenal cara ternak kambing Tanpa Ngarit dan Tanpa Angon, Pak Jek bisa memangkas biaya petugas pencari rumput. Dengan demikian, keuntungan semakin nyata peningkatannya. Lebih dari itu, pakan fermentasi mampu meredam bau tidak sedap dari kotoran hewan. Dan, feses / urine dari ternaknya bisa langsung dijadikan pupuk tanaman.

 

TERNAK KAMBING TANPA NGARIT Tanpa Angon

Cara Bikin Fermentasi Ternak Kambing Tanpa Ngarit Tanpa Angon

Kami sudah menyediakan panduan membuat pakan fermentasi di bagian lain di website ini. Gunakan kotak pencarian untuk menemukannya.

Produk Terbaik untuk Ternak Kambing Tanpa Ngarit Tanpa Angon

Seperti telah disebutkan di atas, Ternak Kambing Tanpa Ngarit Tanpa Angon Pola HCS ini memanfaatkan sebuah suplemen. Namanya SOC. Info tentang produk ini bisa di lihat di halaman SUPLEMEN ORGANIK CAIR.

Rekaman kata kunci:

caradaftar ternak angon,kambing makan tdk repot,