cara tanam jahe pola hcs

Cara Tanam Jahe Pola HCS dalam Polybag / Sak

Posted on

CARA Tanam Jahe pola HCS sistem Top-up. Program HCS tanam jahe dalam gedhek disebut Tajalamge, sedangkan tanam jahe dalam Sak disebut TAJALAMSA (Tanam Jahe dalam Sak). Semua berpulang pada kreativitas masing-masing mitra HCS. Intinya adalah memanfaatkan pelataran atau buritan yang nganggur. Bahkan ada juga Tajalamko alias tanam jahe dalam batako.

Jika dalam pertanian konvensional, petani membutuhkan areal yang luas untuk sukses dalam menanam jahe, maka Tajalamsa adalah solusi bagi yang tidak memiliki lahan. Sebab mitra HCS terbukti sukses melakukan budidaya jahe dan panen raya berton-ton jahe hanya dengan memanfaatkan lahan kosong di kiri-kanan rumah, teras depan atau belakang dapur. Dan yang paling penting dalam sebuah penemuan adalah bahwa mereka dengan ikhlas berbagi /sharing tentang cara tanam jahe pola HCS baik dalam sak, polybag, maupun gedhek lengkap dengan berbagai cerita suka dukanya.
cara tanam jahe pola hcs

Teknologi terbaru bin mutakhir program tanam jahe ala HCS ini memungkinkan 1 batang tanaman jahe bisa menghasilkan 5 kg rimpang jahe. Lahan sesempit 1,5 x 3 meter persegi bisa panen 1 ton jahe dengan menerapkan pola tanam HCS. Cara tanam jahe pola HCS ini menggunakan sistem Top-Up, di mana pertumbuhan rimpang bertingkat ke atas dan tidak ada masalah dengan lahan yang sempit.

Sangat disayangkan bahwa kebanyakan masyarakat di pedesaan memiliki lahan di sekeliling rumah yang tidak produktif. Kalau di kota, lahan seperti itu sudah habis disulap jadi bangunan. Namun, di desa dibiarkan menganggur tidak terurus.

Padahal, jika mereka mau sedikit saja mikir dan menggerakkan tangan, lahan nganggur itu bisa menghasilkan ratusan juta rupiah. Kok bisa? he he he…. Dengan syarat fokus menjadi mitra HCS! Dijamin menjadi orang yang kreatif, menjadi orang yang merasa berdosa membiarkan lahan karunia Allah SWT dibiarkan -bukan hanya tidak produktif, bahkan- tidak sedap untuk dinikmati mata.

Mitra-mitra HCS di seluruh nusantara telah bertekad untuk memanfaatkan sekecil apapun lahan yang dimilikinya. Tanaman pilihan mitra HCS saat ini adalah JAHE. Adalah Pak Sugiyanto Wonogiri yang mula-mula membuat komunitas HCS tersentak. Awalnya beliau coba-coba menanam jahe pada 20 sak (karung bekas wadah pupuk). Ketika umur 8 bulan, Pak Sugiyanto mendapati sak tempat jahe tumbuh udah pada jebol. Ketika coba dibongkar, beliau kaget bukan kepalang. Ternyata sak-sak tersebut isinya dipenuhi jahe, bersih-bersih dan gemuk-gemuk menyenangkan. Jahe pak Sugiyanto termasuk organik karena tanpa melibatkan pupuk kimia sama sekali.

Dan, yang bikin lebih kaget, ketika ditimbang mencapai bobot rata-rata 25 kg. Bobot tertinggi mencapai 29kg. Dasar namanya rejeki gak ada yang bisa menolak. Ketika itu harga jahe sedang tinggi-tingginya. Jahe pak Giyanto diborong pembeli dengan harga Rp. 40 ribu / kilogram. Dari panen jahe tersebut, Pak Sugiyanto lalu pergi ke dealer Honda dan membawa pulang motor Vario baru. Tanpa uang muka, karena bukan kredit melainkan beli dengan uang tunai.Tonton videonya di PANEN JAHE PAK GIYANTO.

Baca Artikel terkait: Tanam Jahe HCS Panen Dollar.

Cara Tanam Jahe Pola HCS dalam Gedhek

Dari situ, metode dan cara tanam jahe pola HCS terus dikembangkan. Saat ini, cara tanam jahe yang juga diminati adalah program tanam jahe dalam gedhek, disingkat TAJALAMGE. Gedhek adalah anyaman bambu. Untuk jahe pola HCS ini dibikin ukuran 1,5 x 3 meter. Dengan penanaman model HCS, gedhek seukuran itu nantinya akan penuh dan menghasilkan panenan jahe 5 ton.

Cara tanam jahe model HCS dalam gedhek ini diprakarsai oleh Bapak Ir. H. Aly Widji. Beliau adalah mentor HCS dari Kencong Jember. Karena halaman rumah beliau sempit dan sering dipakai PELATIHAN HCS, maka beliau memberdayakan warga sekitar rumah untuk proyek budidaya jahe ini. “Hitung-hitung bagi-bagi rejeki pada tetangga dengan cara bagi hasil ketika panen nanti”, kata beliau saat diwawancarai RCTI (Rubrik Cerah Tani Indonesia)…

Begitu para tetangga paham apa yang akan maksud dan tujuan Pak Aly, mereka ramai-ramai menawarkan lahan yang pada nganggur untuk dimanfaatkan oleh Beliau sehingga bisa menambah penghasilan mereka. Video di halaman lain situs ini berisi tentang cara tanam jahe pola HCS bisa klik saja Video Budidaya Tanaman Jahe HCS di YouTube .

 

Program HCS Tanam Jahe dalam Batako

Program tanam jahe dalam batako (Tajalamko) pola HCS ini dilakukan oleh Mr. Badri SMK (Sekolah Menuju Kaya). Beliau juga salah seorang Mentor HCS dari Bojonegoro. Ide tanam jahe ini pada mulanya dilontarkan oleh Camat Dander Bojonegoro yakni Bapak Fatchurrochman yang kebetulan juga Mentor HCS, merangkap sebagai Pembina Komunitas Petani Organik Bojonegoro.

Ngomong-2 tentang Pak Camat (Camat HCS) yang satu ini, orangnya gak kenal lelah. Tugas beliau sebagai Abdi Masyarakat di Kecamatan Dander sudah banyak menyita waktu. Namun, demi melihat pola organik HCS yang berpeluang sangat besar memakmurkan masyarakat, maka beliau habis-habisan ‘cancut taliwondo’ sosialisasi ke kampung-kampung bersama Team HCS. Usai rapat dengan Bupati dan lalu diminta hadir di acara HCS beliau tetap menyisihkan waktu untuk hadir.

Di samping budidaya tanaman jahe di pekarangan, PT Hidup Cerah Sejahtera (HCS) juga menjadi pelopor dalam hal ternak kambing / domba. Ulasan tentang program HCS yang lain bisa dilihat di bagian lain web ini. Khusus uraian tentang ternak kambing pola HCS, silakan klik MariTernakKambingProgramHCS.com

WALHASIL… Banyak petani jahe dengan lahan luas disertai modal besar, namun hasilnya kurang maksimal. Kalah jauh dengan cara tanam jahe pola HCS; lahan seadanya, modal sekenanya karena full organik, disertai ilmu HCS yang unik.

Sekilas tentang Visi Misi HCS,
yakni menyelamatkan tanah dari kerusakan dengan cara bertani-ternak full organik menuju PERTANIAN BERKELANJUTAN (integrated farm); limbah ternak untuk pupuk sawah, dan limbah sawah untuk pakan ternak. Begitu seterusya saling menyangga satu sama lain.

Mari sedot ilmunya di pelatihan-pelatihan yang di adakan oleh Tim HCS. Klik gambar di bawah ini untuk mendaftar menjadi MITRA HCS.
DAFTAR HCS

Metode Tanam Jahe (Jahe Merah, Emprit, Gajah) Pola HCS

Teknik/cara/metode tanam jahe, baik jahe merah, jahe emprit, maupun jahe gajah pola HCS dalam sak Tajalamsa dengan persiapan sebagai berikut:

  1. Media tanam berupa sak bekas bungkus pupuk, pakan ternak, dll
  2. Tanah yang bagus dan subur
  3. Pupuk organik bokashi pola HCS, bisa bikin sendiri atau beli di mitra HCS yang memproduksi (cara bikin bokashi klik CARA MEMBUAT BOKASHI).
  4. Microba Cultur pola HCS (bikin sendiri atau beli di mitra HCS lain. Cara pembuatan ada di pelatihan HCS)
  5. Pestisida Cultur pola HCS (cara pembuatan diberikan dalam pelatihan. Atau, bisa beli dari mitra atau Stokist HCS)
  6. Dolomit/gamping yang sudah mati (beli di toko pertanian atau toko bangunan)
  7. Sekam padi yang sudah dibakar, diambil abunya (hubungi para produsen batu bata)
  8. SOT (Suplemen Herbisida Fungisida Organik Cair). Mitra HCS pasti punya sebab ini produk wajib he he he….
  9. Phefoc (Pestisida Herbisida Fungisida Organik Cair). Ini juga produk PT HCS, Mitra HCS pasti punya.

Cara Tanam Bibit Jahe:

Sebelum menanam jahe di sak, lakukan dulu pembibitan. Bibit jahe gampang didapat, banyak mitra HCS yang menjual bibit jahe merah, jahe emprit, atau jahe gajah.

  1. Siapkan bibit jahe yang bagus, calon tunas utuh
  2. Celup dalam larutan Phefoc + air + gula, dan langsung tiriskan hingga benar-benar kering
  3. Rendam dalam larutan SOT + air + gula + microba kultur selama 3 jam
  4. Taruh di plastik atau sak dengan ditaburi abu sekam agar awet basah
  5. Lakukan penyemprotan tiap hari (selama seminggu) dengan SOT + mikroba kultur pada pagi dan sore hari agar tetap basah.
  6. Persiapkan media polybag kecil, atau gelas bekas air mineral, isi dengan bokashi + tanah dengan perbandingan 1 : 4
  7. Setelah seminggu, akan ada tunas yang muncul. Lakukan pemotongan dengan tangan kosong (tanpa pisau) pada tunas yang tumbuh dengan menyertakan sekitar 1 cm badan jahe.
  8. Tunas beserta potongan jahe ditanam di polybag atau gelas air mineral yang sudah dilubangi di bagian bawahnya (awas jangan sampai terbalik, posisi tunas ada di atas)
  9. Setelah umur 2-4 minggu, jahe polybag tadi siap dipindah ke media yang lebih besar, yakni sak.

Persiapan Tanam Jahe dalam Sak Pola HCS

Dalam masa menunggu 2-4 minggu (masa pembibitan), persiapkan bokashi. Cara membuatnya klik Cara Fermentasi Bokasi. Setelah pupuk bokashi siap pakai, lakukan pencampuran bokashi dengan tanah, dengan perbandingan 1 : 3 ( misal, 1 kwintal bokasi dicampur 3 kwintal tanah).

  1. Isi sak dengan tanah yang sudah dicampur bokashi setinggi 20 cm
  2. Sisa kelebihan sak bagian atas dilipat ke bawah, dan posisi sak dibariskan berjajar sepanjang lahan yang dimiliki.
  3. Jarak ke samping 1 meter untuk memudahkan perawatan dan sirkulasi udara
  4. Tanam jahe yang sudah tumbuh 5 – 10 cm tadi ke dalam sak
  5. Tiap sak diisi 4 bibit
  6. Ketika tanaman jahe sudah tumbuh subur, lanjutkan dengan perawatan.

 Cara Pemupukan Tanaman Jahe Pola HCS

  1. Pupuk dasar sudah diberikan berupa bokashi
  2. Pupuk lanjutan dilakukan dengan dikocor/disemprot SOT+Microba Cultur / Phefoc+Pestisida Cultur
  3. Dimulai di hari ke-5 setelah tanam dalam sak
    • Bulan ke-1, kocor tiap 5 hari sekali (SOT+MC  —  SOT+MC   —  Phefoc+PC)
    • Bulan ke-2, kocor/semprot tiap 7 hari sekali (aplikasi sama)
    • Bulan ke-3, kocor/semprot tiap 10 hari sekali (aplikasi sama)
    • Bulan ke-4, kocor/semprot tiap 15 hari sekali (aplikasi sama)
    • Bulan ke-5, kocor/semprot tiap 1 bulan sekali (aplikasi sama) hingga panen.

    Demikian cara tanam jahe pola HCS. Lebih detail secara teknis, silakan bermitra dengan HCS. Demikian pula untuk pembuatan Microba Cultur dan Pestisida Cultur bisa diikuti dalam pelatihan oleh Tim HCS.

Mari sedot ilmunya di pelatihan-pelatihan yang di adakan oleh Tim HCS. Klik gambar di bawah ini untuk mendaftar menjadi MITRA HCS.
DAFTAR HCS

Rekaman kata kunci:

analisa ternak kambing pola hcs,Tanam jahe pola hcs,hcs jahe,jahe hcs,cara menanam jahe,jahe merah hcs,cara budidaya jahe merah dengan pola hcs,budidaya jahe merah pola hcs,budidaya jahe merah dalam polybag pdf,cara tanam jahe,budidaya jahe merah hcs,budidaya jahe hcs,cara tanam jahe pola hcs,Jahe pola HCS,budidaya jahe pola hcs,tanam jahe,budidaya jahe,cara menanam jahe merah pola hcs,budidaya jahe merah pdf,pupuk hcs untuk jahe,budidaya jahe dalam karung pdf,tanam jahe hcs,tanam jahe merah pola hcs,Cara menanam jahe pola hcs,budidaya jahe merah,cara menanam jahe di polybag,menanam jahe merah pola hcs,Tanaman jahe,menanam jahe pola hcs,Cara menanam jahe merah,hcs jahe merah,cara budidaya jahe merah,Ternak ayam kampung pola HCS,