SOT HCS Pupuk Cair untuk Tanaman Lada

Posted on
Pupuk Cair untuk Tanaman Lada
SOT HCS Pupuk Cair untuk Tanaman Lada telah mendapatkan sertifikat resmi dari INOFICE

Tanaman Lada dan Seluk Beluknya

Pupuk cair untuk tanaman lada banyak dicari para petani untuk meningkatkan produktivitas panen. Tanaman lada merupakan tanaman rempah yang menjadi andalan Indonesia. Karena kaya rempah-rempah ini dahulu Indonesia diperebutkan bangsa-bangsa Eropa sebagai tanah jajahan. Kondisi iklim Indonesia yang memungkinkan rempah-rempah termasuk lada bisa tumbuh subur adalah faktor utama mengapa produksi rempah nusantara menggiurkan bagi negara lainnya.

Lada hanya bisa tumbuh subur di daerah dengan ciri khas iklim: curah hujan 2000 – 3000 mm/tahun, cukup mendapat sinar matahari yaitu sekitar sepuluh jam per hari, suhu udara berkisar 20 hingga 34 derajat Celcius, tiupan angin tidak terlalu kencang, kelembapan udara berkisar lima puluh hingga seratus persen lengas nisbi. Lada juga bisa tumbuh subur jika media tanamnya kaya bahan organik atau tanah subur. Media tanamnya juga tidak tergenang air tetapi tidak juga terlalu kering. Derajat keasaman tanah berkisar 5,5 hingga 7.0.

BACA JUGA: APLIKASI PUPUK CAIR SOT HCS UNTUK CENGKEH

Media tanam yang optimal untuk kehidupan tanaman lada adalah tanah yang berwarna merah kuning seperti yang terlihat pada lapisan tanah Utisol. Podsolik, lateritic dan latosol. Lada bisa tumbuh dengan baik pada ketinggian 300 hingga 1100 meter di atas permukaan laut. Kemiringan lahan maksimal +- 300.

Mengoptimalkan Produktivitas Tanaman Lada

Lada adalah tanaman yang sangat membutuhkan media tanam yang kaya bahan organik. Jika kebutuhan senyawa organik tidak dapat dipenuhi media tanam maka diperlukan pupuk cair untuk tanaman lada. Salah satu cara adalah dengan menambahkan Suplemen Organik Tanaman (SOT) dari PT. HCS. Pemberian pupuk cair ini membantu mengkondisikan media tanam untuk kaya unsur hara sebagaimana dibutuhkan tanaman lada.

Penambahan pupuk ini merupakan solusi bagi kebutuhan tanaman lada akan unsur hara. Hal ini mengingat kandungan humus tanah biasa ditemui pada kedalaman satu hingga 2,5 meter. Sehingga untuk menambah supplai unsur hara bisa memanfaatkan pupuk buatan. Jika tanah tenpat lada ditanam kurang unsur HARA maka mungkin akan terjadi gagal panen. Pupuk cair untuk tanaman lada lebih disukai untuk membantu membentuk tanah yang kaya bahan organik sebab pupuk jenis ini mudah meresap ke dalam media tanam.

BACA JUGA: APLIKASI PUPUK CAIR SOT HCS UNTUK SELEDRI

Selain kondisi media tanam yang mendukung optimasi penanaman lada petani lada juga harus memperhatikan kondisi terbaik saat proses pembibitan. Lada yang digunakan adalah lada yang terjamin jenis bibitnya, berasal dari pohon induk yang bebas dari hama penyakit serta diambil dari kebun induk produksi yang setidaknya telah berumur sepuluh bulan atau maksimal tiga tahun. Perlu dicatat bahwa kebutuhan bibit kurang lebih dua ribu bibit tanaman lada per hektarenya.

Proses menanam lada juga perlu mendapat perhatian. Saat proses penanaman tanah hendaknya dibalik sedalam 20-30 cm. Sebagai penyempurnaan perlu ditambahkan kapur pertanian kemudian didiamkan 3-4 minggu. Merawat lada seperti merawat anak sendiri. Perlu ditelateni agar tidak termakan hama dan penyakit. Pemeliharaan ini dilakukan sejak proses penanaman. Jarak tanam perlu diperhatikan. Dan penyemprotan pupuk cair untuk tanaman lada dilakukan setiap empat minggu sekali. Tanaman lada memerlukan sulur panjat untuk membantu kekuatan tumbuhnya.

BACA JUGA: PENGGUNAAN PUPUK CAIR SOT HCS UNTUK KOL

Penyiangan untuk mencegah gulma hendaknya dilakukan minimal setiap tiga bulan sekali atau dua bulan jika diperlukan, pemangkasan juga perlu dilakukan untuk mencegah terserang hama penyakit. Pemangkasan ini terutama dilakukan apda batang, ranting, dahan yang tidak produktif. Batang yang sudah tua diutamakan untuk dipangkasa dengan alasan peremajaan. Pucuk batang juga perlu dipangkas terutama bagian yang tidak produktif.

Save

Rekaman kata kunci:

pupuk cair untuk tanaman lada,pupuk organik cair untuk lada,pupuk cair untuk lada,pupuk lada,cara penggunaan pupuk hcs pada tanaman lada,nutrisi untuk tanaman lada,Pupuk untuk lada,testimoni lada dengan produk hcs,pupuk lada sot,pupuk cair apa bagus buat merica,pupuk organik cair yg tepat utk lada,pupuk merica,jual pupuk khusus lada,Pupuk cair untuk merica,pupuk cair yang bagus untuk lada,Pupuk extra green merica,Pupuk sot pada lada,pupuk organik khusus lada,pupuk lada terbaik,pupuk perangsang buah lada,pupuk cair terbaik untuk lada,cara penggunaan sot hcs di mrica,cara pesan pupuk merica,jenis pupuk cair tanaman lada,jenis pupuk cair untuk tanaman merica,lada organik,merk pupuk lada,peransang buah pada tanaman lada,pupuk cair buat mrico,Pupuk cair lada,pupuk cair merica,pupuk cair organik untuk lada,pupuk cair organik untuk merica,