Kambing Tidak Mau Makan Pakan Fermentasi
Kambing Tidak Mau Makan Pakan Fermentasi

Solusi Kambing Tidak Mau Makan Pakan Fermentasi SOC HCS Jadi Lahap

Posted on
  • Kenapa kambing tidak mau makan pakan fermentasi SOC HCS? Itulah pertanyaan yang sering kami terima dari para pemula di bidang ternak kambing modern dengan pakan fermentasi.

Masing-masing mitra HCS punya cara sendiri agar ternak kambingnya mau mengkonsumsi pakan fermentasi. Ada yang menempuh cara membiarkan (puasa) dulu kambing yang akan diberi makan fermentasi. Misalnya dibiarkan tanpa pakan sekitar 3 sd 5 jam. Setelah itu baru dihidangkan pakan fermentasi. Tentu saja cara ini bukan berarti tanpa resiko. Apa resikonya? Selama dipuasakan 3-5 jam tersebut kambing akan mengembik terus menerus. So, pemilik ternak harus tutup telinga rapat-rapat. Setelah waktu yang Anda tetapkan terlampaui, silahkan berikan pakan farmentasi tadi sedikit demi sedikit, awalnya kambing tidak akan menyentuh dan hanya mengendus endus saja, namun karena dorongan perut yang lapar, makan sedikit-sedikit kambing akan mau mencoba makan.Setelah puasa terlewati, silahkan lanjutkan dengan pola pemberian makanan bergantian, bisa juga dengan berdampingan, ataupun malah dicampur, misalnya fermentasi jerami dicampur dengan rumput, komposisinya 50:50.

Ada juga mitra HCS yang punya pengalaman lain dalam rangka agar ternak kambingnya doyan makan pakan fermentasi hasil olahan dengan SOC. Seperti yang kami kutip dari grup Mitra HCS Indonesia di Facebook di bawah ini:

Utk mengubah hewan ternak khususnya kambing jenis apa saja mau makan fermentasi cukup hanya dengan waktu kurang 1 jam sesaat setelah kambing kita beli dari pasar. caranya kita ambil 2cc cairan SOC memakai suntikan yang tdk ada jarum suntiknya. kemudian masukan suntikan tsb ke mulut kambing melalui samping mulut yang sebelumnya kepala kambing kita pegang agar jangan berontak dan tersendak. dijamin berhasil krn saya sdh praktek langsung.

Kambing Tidak Mau Makan Pakan Fermentasi
Kambing Tidak Mau Makan Pakan Fermentasi

Tips Penting Agar Ternak Kambing Mau Makan Pakan Fermentasi

Rahasia agar kambing terbiasa supaya mengkonsumsi pakan fermentasi SOC HCS antara lain :

  1. Jangan terlalu memanjakan ternak dengan membiasakan memberikan pakan “mewah” untuk kambingnya, seperti hijauan, komboran dedak dll.
  2. ‘Suka karena terbiasa’, dalam hal ini membiasakan kambing untuk memakan pakan jenis lain daripada pakan biasanya.
  3. Pemilik kambing juga harus tega dalam melatih kambingnya untuk makan pakan varian baru.

Dari berbagai cara yang ditempuh mitra HCS, secara umum, cara bagaimana agar kambing mau makan fermentasi bisa dikelompokkan menjadi 2 (dua) metode:

  • Metode Pemuasaan
    Metode ini bisa dibilang cukup ekstrim karena kita memaksa kambing berpuasa beberapa waktu sehingga ternak berada dalam kondisi lapar. Pada keadaan kelaparan total ini biasanya rumput yang kering sekalipun akan dimakan oleh kambing. Namun, satu hal penting yang harus diingat bahwa yang dipuasakan dari ternak kambing hanyalah hijauan dan konsentrat saja. Bukan untuk air minum. Artinya kambing harus tetap diberi minum. Sebab bila kurang minum bisa berakibat fatal (dehidrasi) dan bisa menyebabkan kematian.
  • Metode Adaptasi bertahap
    Cara ini dilakukan dengan harapan agar kambing doyan makan pakan fermentasi dengan suka rela. Metodenya, setiap kita memberikan hijauan makanan pada kambing yang segar usahakan selalu mencampur dengan pakan olahan fermentasi. Gunakan perbandingan 1:1. Jadi misal punya 10 kg hijauan segar, campurkan pada 10 kg pakan fermentasi. Campur dan aduk secara merata.

Kedua cara di atas aman untuk digunakan, untuk cara pemuasaan biasanya akan lebih cepat menmbuat ternak kambing mau memakan pakan fermentasi, dan cara adaptasi adalah cara yang paling aman, karena tidak ada resiko pengurangan berat badan pada kambing atau domba. Biasanya kambing atau domba yang tidak mau mengkonsumsi pakan fermentasi adalah kambing yang dibeli dari pasar.

Cara Agar Kambing/Domba Mau Makan Fermentasi Jerami

Dalam buku mitra HCS disebutkan cara agar ternak kambing / domba mau makan fermentasi jerami. Berikut uraiannya:

  1. Kambing/domba kita cukur bulu-bulunya, lalu dimandikan hingga bersih.
  2. Ambil 8 lembar daun kluwih lalu di bakar kemudian masukan ke dalam air 10 liter, lalu saring menjadi 1 gelas air kluwih, kemudian minumkan.
  3. Sisa air rebusan daun kluwih,gosok-gosokan ke kambing
  4. Setelah bersih masukan kambing ke dalam kandang yang telah kita buat tadi, dan tunggu selama 3 jam untuk beradaptasi dengan suasana baru dan jangan diberi makan dulu.
  5. Ambil 2-3 cc SOC untuk diminumkan pada kambing, jika pada sapi takaran SOC 1 tutup botol.

Bagaimana Teknik atau cara memberikan minum pada kambing:

Untuk kambing pada rahangnya kita pegang sehingga mulut kambing terbuka, lalu contrang kan dari samping lalu tarik/geser ke tengah, sehingga pas terletak di atas lidah kambing segera tuang cairan SOC tadi.

Catatan:

  • Cara tersebut di atas untuk menghindari kambing tersedak (keselek) sehingga gagal nafas/tidak bisa nafas yang mengakibatkan kembing mati.
  • Biarkan dan tunggu 1-2 jam setelah dikasi minum cairan SOC, baru diberi makan fermentasi yang telah kita buat tadi.

Bagaimana jika dengan berbagai cara di atas Kambing atau domba tetap tidak mau makan fermentasi?

Ada kalanya setelah melakukan urut-urutan di atas kambing masih tidak mau makan hasil fermentasi. Tentu saja Anda pusing. Cobalah merenung sejenak sambil menganalisa beberapa kemungkinan di bawah ini:

  1. Apakah kambing kita stress?
  2. Cek bau pakan fermentasi kalau-kalau ada apek atau tidak segar.
  3. Jika perlu coba dirangsang dulu dengan dedak/bekatul.
  4. Diberi suntikan antibiotik dan di tubuh yang berbeda diberi suntikan vitamin B kompleks/ anti stress.

Apa Tidak Ada Cara Lain Yg Lebih Simpel Agar Kambing Mau Makan Pakan Fermentasi?

Seolah ingin menjawab kesulitan peternak yang kambingnya tidak mau makan pakan hasil fermentasi, akhirnya PT HCS meluncurkan produk baru bernama NUTRISI HEWAN.

Dengan Nutrisi Hewan HCS ini diharapkan ternak bisa langsung lahap menyantap pakan fermentasi.

Rekaman kata kunci:

kambing tidak mau makan,mengobati kambing tidak mau makan,penyebab kambing tidak mau makan,cara agar kambing mau makan pakan fermentasi,cara melatih kambing makan pakan fermentasi,kambing tidak mau minum,agar kambing mau makan pakan fermentasi,cara agar kambing doyan minum,obat kambing gak mau makan,kambing susah makan,YouTube cara pertama kali biar kambing mau makan fermentasi,kambing gak mau makan,cara agar kambing mau minum,agar kambing doyan makan,cara mengobati kambing yang tidak mau makan,obat kambing tidak mau makan,cara supaya kambing jawa suka jerami,caranya agar kambing gak doyan sama daun sengon,cara mengatasi kambing tidak mau makan pakan fermentasi,Kambing tidak mau makan rumput,kenapa kambing tidak mau makan pakan fermentasi,cara fermentasi rumput dengan soc hcs,agar kambing mau minum,cara agar kambing doyan makan gedebog com,Mengatasi kambing susah makan,fermentasi rumput untuk pakan kambing,cara mengatasi kambing tidak mau makan,mengatasi kambing tidak mau makan,cara mengobati kambing tidak mau makan,cara membuat kambing suka makan,kenapa kambing tidak mau minum,cara yg jitu bikin fermentaazi pakan kambing,cara pemberian pakan fermentasi soc,