SOC HCS untuk Itik: Cara Pembuatan Pakan Bebek Dengan SOC HCS

Posted on

Bebek adalah salah satu unggas yang apa bila diternakkan dapat membawa keuntungan yang luar biasa melimpah. Sama seperti ayam, bebek juga merupakan unggas yang terbagi menjadi dua jenis yaitu bebek petelur dan bebek pedaging.

Masing-masing jenis tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri ketika diternakkan. Namun, apabila anda merupakan peternak yang termasuk kurang telaten, nampaknya akan lebih baik jika memilih bebek pedaging.

Pasalnya, bebek pedaging akan lebih mudah perawatannya. Yang perlu diperhatikan paling utama dan pertama adalah pakannya.Dimana pakan yang dikonsumsi harus memiliki nutrisi yang tinggi sehingga bebek dapat tumbuh dengan maksimal.

Untuk memberikan makan bebek pedaging pun tak harus berupa makanan olahan pabrik yang katanya mengandung banyak sari pati dari berbagai bahan.namun juga sebaiknya sesekali diberi pakan organik yang merupakan hasil olahan sendiri.

Ya, kenapa anda disarankan untuk sesekali atau bahkan sering memberi pakan berupa makanan organik olahan sendiri? Karena dalam makanan tersebut nutrisi yang terkandung sudah jelas masih lengkap dan bukan hanya berupa sari patinya saja.

Dengan begitu, maka pertumbuhan bebek akan terasa lebih cepat dan semua kebutuhan nutrisi bebek terpenuhi dengan baik. Selain itu, tak ada  campuran bahan kimia yang dapat berbahaya bagi kesehatan hewan ternak.

Lalu bagaimana cara membuat pakan organik untuk bebek pedaging? Untuk kali ini anda akan disarankan membuat pakan organik untuk bebek pedaging dengan menambahkan SOC. SOC yaitu sebuah suplemen organik cair yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk pertumbuhan hewan ternak.

Sebelum membahas tentang bagaimana cara pembuatan pakan organik untuk bebek dengan campuran produk HCS ini, ada baiknya anda terlebih dahulu mengetahui manfaat SOC HCS untuk Itik.

Manfaat SOC HCS untuk Itik Pedaging dan Petelur

1.      Karena mengandung bahan organik yang dibutuhkan ternak, maka SOC ini dapat membantu menjaga kesehatan bahkan mengembalikan kesehatan ternak yang pada saat itu sedang terserang penyakit.

2.      SOC merupakan salah satu produk yang dibandrol dengan harga terjangkau. Jadi ketika anda menggunakan produk yang satu ini tak hanya bermanfaat untuk hewan ternak namun juga untuk anda karena dapat mengurangi biaya operasional usaha ternak bebek pedaging yang sedang anda jalankan.

3.      Tak hanya menyehatkan ternak yang sedang terserang penyakit atau virus, namun SOC juga mampu mengurangi stress yang biasanya akan menyebabkan hewan mati.

4.      Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, SOC juga ternyata mampu menekan pertumbuhan virus penyakit pada tubuh hewan ternak.

5.      Layaknya manusia, bebek juga memiliki antibiotik yang akan bekerja keras ketika raga memiliki firasat ini terserang penyakit. Dimana antibiotik akan membantu tubuh bertahan menghadapi berbagai penyakit.

6.      Salah satu manfaat utama dari SOC ini adalah untuk meningkatkan nafsu makan hewan ternak. Dan inilah alasan mengapa SOC merupakan suplemen cair yang sangat cocok diberikan pada hewan ternak (pedaging). Tak hanya itu, SOC juga mampu menjaga metabolisme pada rumen yang akan memaksimalkan pengolahan makanan pada hewan sehingga akan menjadi daging yang padat (tidak berbentuk lemak).

7.      Membuat pertumbuhan ternak menjadi lebih cepat.

8.      Kualitas daging yang dihasilkan sangat bagus (seperti yang sudah disebutkan di atas jika daging yang dihasilkan padat dan tak banyak mengandung tumpukan lemak).

9.      Meningkatkan kesuburan hewan ternak tersebut.

Nah dari beberapa manfaat SOC di atas, sangat menguntungkan bukan jika anda memberikan suplemen organik cair ini pada hewan ternak anda. Karena terbuat dari bahan alami (organik), anda tak perlu resah atau khawatir dengan efek samping yang mungkin ditimbulkan layaknya penggunaan suplemen penggemuk hewan ternak.

Cara Membuat Pakan Fermentasi untuk Itik/Bebek Menggunakan SOC HCS

Berlanjut ke tahap pembuatan makanan organik untuk bebek dengan campuran SOS. Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, antara lain adalah :

1.      Bahan organik sebagai bahan utama atau bahan pokok, yaitu berupa gedebog pisang yang telah dicincang sebelumnya, atau juga bisa menggunakan limbah organik lainnya seperti jerami padi, limbah dedaunan dan la-lain. Banyaknya sendiri mencapai angka 20% dari jumlah keseluruhan.

2.      Ampas tahu dengan jumlah mencapai 25% dari jumlah keseluruhan bahan.

3.      Bekatul dari jagung atau yang lebih akrab disebut dedak dengan jumlah yang sama, yaitu 25%.

4.      Nasi aking atau nasi yang telah basi kemudian dijemur dan sudah mengering.

5.      Jagung yang telah digiling menjadi halus (tidak sehalus tepung) dengan jumlah 5% dari jumlah keseluruhan bahan.

6.      Gula pasir, atau bagi anda yang ingin lebih hemat bisa menggunakan tetes tebu yang dapat diperoleh di toko obat-obatan pertanian atau ditempat produksi gula. Dimana tetes tebu ini merupakan limbah dari proses pembuatan gula.

7.      Bahan terakhir yang terpenting dan tak boleh anda lupakan adalah SOC sebanyak 20 tutup botol atau KW.

Setelah semua bahan siap, kemudian siapkan alat yang akan digunakan dalam proses fermentasi bahan-bahan tersebut hingga nantinya siap diberikan pada hewan ternak anda. Alat yang digunakan sendiri sangat simpel, yaitu hanya berupa sebuah drum besar yang dapat menampung semua bahan. Pastikan drum tersebut memiliki tutup agar proses fermentasi nantinya berjalan dengan baik.

SOC HCS untuk Itik
Mitra binaan HCS Nusantara yang terjun di bisnis peternakan bebek ini telah merasakan manfaat SOC HCS untuk Itik…

Baca: RAHASIA TETAP CANTIK WALAU BETERNAK BEBEK PEDAGING RATUSAN EKOR

Langkah berikutnya yaitu langkah pengolahan makanan organik, yaitu terdiri dari beberapa langkah berikut ini.

1.      Pertama rendam nasi aking dalam sebuah baskom selama 3 jam. Anda bisa menutupnya atau membiarkannya tetap terbuka.

2.      Selain itu, sehari sebelum pembuatan pakan organik ini, anda sebaiknya melarutkan gula pasir cair atau tetes tebu dengan cairan SOC HCS. Setelah tercampur rata, kemudian biarkan larutan ini selama semalaman.

3.      Ketika semua bahan yang perlu disiapkan sudah bisa digunakan, kemudian lanjut ke langkah berikutnya dengan mencacah gedebog pisang menjadi kecil-kecil. Pencacahan gedebog pisang ini dimaksudkan agar makanan bisa ditelan oleh bebek dengan mudah.

4.      Kemudian siapkan alat untuk fermentasi, anda bisa menggunakan baskom atau plastik berukuran besar. Yang terpenting adalah alat tersebut dapat membuat pakan tertutup dengan rapat.

5.      Langkah berikutnya adalah dengan mencampurkan semua bahan menjadi satu dalam wadah tersebut, mulai dari gedebog pisang yang sudah dicacah, ampas tahu, jagung giling, bekatul serta nasi aking yang sudah ditiriskan.

6.      Aduk semua bahan hingga rata, kemudian pada bagian atasnya disemprotkan cairan gula dan SOC yang sudah didiamkan selama semalam tadi. Semprotkan merata dan aduk lagi hingga rata.

7.      Jika semua bahan sudah tercampur rata, lalu tutup bahan-bahan tersebut hingga kedap udara dan diamkan selama beberapa jam.

8.      Setelah kurang lebih 3 jam, pakan organik fermentasi bebek sudah siap diberikan pada hewan ternak.

Baca juga: Ternak Bebek Hemat, Bertelur 90 Hingga 100%

Bagaimana mudah bukan cara pembuatan pakan organik bebek dengan mencampurkan SOC HCS sebagai bahan fermentasi? Meskipun telah melalui proses fermentasi dan bukan merupakan bahan segar lagi, namun jangan salah karena kandungan nutrisi dalam pakan ini justru lebih banyak.

Pelatihan dan Bimbingan Ternak Itik/Bebek Pola SOC HCS

Sebagai negara agraris dengan dua musim Indonesia berpotensi besar unggul di sektor peternakan….memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita dijadikan pakan…sehingga memudahkan peternak lebih kreatif dan kerja semakin ringan.

Nah, bagaimana cara beternak itik/bebek secara lebih menguntungkan menggunakan pola SOC HCS Nusantara? Dapatkan panduannya bersama Program HCS Nusantara.

Yuk bergabung jadi mitra HCS Nusantara. Klik tombol DAFTAR berikut ini.

cara mendaftar menjadi mitra hcs

Apakah bisa beli Suplemen Organik Cair – SOC HCS untuk itik eceran 1-2 botol saja (tanpa daftar jadi mitra HCS)?

Oo… Bisa sekali 🙂

Untuk mencoba SOC HCS untuk bebek bisa beli eceran 1-2 botol. Tidak harus masuk jadi mitra/member HCS.

Rekaman kata kunci:

manfaat tetes tebu untuk ternak bebek,video ternak hcs,SOC hcs untuk itik/bebek pedaging,cara ternak bebek petelur pola hcs,cara kasih makan bebek hcs,soc hcs untuk bebek potong,membuat pakan bebek menggunakan soc hcs,cara membuat pakan bebek pedaging pola hcs,pakan bebek petelur soc,apa itu HCS buat bebek pedaging,bebek pedaging so,pakan fermentasi bebek pola hcs,cara pembuatan pakan hijauan untuk bebek pola hcs,soc hcs untuk itik,ternak bebebk program hcs,Apa itu pola hcs dalam ternak bebek,cara membuat pakan permentasi untuk bebek petelur,cara membuat pakanbebek,contoh teks eksposisi tentang manfaat SOC bagi bebek,pakan bebek soc,pembuatan pakan bebek pola HCS,soc hcs untuk be,takaran gula dan soc untuk itik,cara pemberian SOC - HCS pada itik,cara membuat pakan bebek dengan soc,cara permentasi pakan itik dengan pola soc,beternak bebek petelur pola hcs,cara fermentasi pakan bebek soc hcs,cara mencampur dedak dengan SOC - HCS untuk itik,cara memelihara bebek dengan soc,cara membuat suplemen organik cair untuk pakan fermentasi bebek,cara bikin soc buat pakan bebek,cara buat pakan buat fermentasi bebek telur,