Pupuk Cair untuk Tanaman Kakao

Posted on
Pupuk Cair untuk Tanaman Kakao
Pupuk cair untuk tanaman kakao mulai menjadi trend di kalangan petani kebun. Para petani mulai sadar bahwa setiap tahun ribuan hektare lahan pertanian dan perkebunan berkurang kesuburannya akibat penggunaan pupuk kimia.

Peran Pupuk Organik Cair dalam Dunia Pertanian dan Perkebunan

Pupuk cair untuk tanaman kakao menjadi primadona dalam dunia perkebunan dalam beberapa tahun belakangan ini. Pupuk organik membantu meningkatkan dan mempertahankan kesuburan lapisan tanah yang diolah. Para petani lebih menyukai pupuk organik dengan berbagai pertimbangan. Pada dasarnya pupuk cair organik lebih disukai karena siafatnya lebih alami. Pemakaian pupuk kimia memang dianjurkan untuk dikurangi sedikit demi sedikit. Pupuk organik dalam bentuk cairan diharapkan mampu sepenuhnya menggantikan pupuk kimia beberapa dekade ke depan.

Pupuk organik memiliki berbagai kelebihan dibandingkan pupuk kimia. Pupuk organik memiliki kesamaan mampu menyediakan unsur hara dan unsur esensial bagi tanaman agar bisa bertumbuh kembang optimal. Selain itu pupuk organik tidak bersifat merusak struktur alami tanah. Tanah pertanian dan perkebunan bisa lebih gembur dan subur tanpa merusak susunan kimia dan kondisi biologis serta fisik lahan tersebut. Pupuk cair untuk tanaman kakao jenis organik pada umumnya mengandung berbagai  mikroorganisme yang memberikan sumbangsih pada pertanian dan perkebunan.

BACA JUGA: MENGAPA HARUS MEMILIH PUPUK CAIR ORGANIK TERBAIK

Mikroorganisme yang biasanya terdapat dalam pupuk organik dalam bentuk cari adalah sianobacter yang mampu mengikat Nitrogen. Nitrogen merupakan senyawa yang diperlukan tanaman untuk tumbuh subur. Pupuk organik juga mengandung bakteri yang mampu mengikat Nitrogen dari udara. Jika diteliti lebih lanjut di bawah penelitian laboratorium pemakaian pupuk organik dan pupuk kimia ternyata secara statistik memiliki hasil yang relatif sama dalam hal kemampuan meningkatkan produksi tanaman.

Penggunaan pupuk organik lebih disukai masyarakat. Hasil panen dari pertanian dan perkebunan yang menggunakan pupuk cair organik diyakini menghasilkan produk yang sehat atau healthy food. Bahan makanan organik ini bebas dari residu bahan kimia berbahaya seperti pestisida. Masyarakat mulai berpikir untuk mengkonsumsi bahan pangan organik demi kesehatan dan peningkatan kualitas hidup.

Memilih Pupuk Cair Terbaik untuk Kakao

Pupuk cair untuk tanaman kakao mulai menjadi trend di kalangan petani kebun. Para petani mulai sadar bahwa setiap tahun ribuan hektare lahan pertanian dan perkebunan berkurang kesuburannya akibat penggunaan pupuk kimia. Sebagai langkah mengembalikan kesuburan tanah para petani mulai mengalihkan perhatian untuk menggunakan pupuk organik demi menyelamatkan lingkungan. Pupuk organik dalam bentuk cairan mudaj larut ke dalam tanah dan mensuplai unsur hara bagi tanaman. Meski berupa zat tambahan namun pupuk organik cair tidak mengganggu keseimbangan ekosistem biota pada permukaan lapisan tanah. Dapat dikatakan bahwa pupuk organik cairan mampu menjaga keseimbangan ekologis dengan cara alami, hama dan penyakit tanaman mati tetapi kondisi alami, struktur fisik, biologis dan kimia lahan pertanian dan perkebunan tetap stabil.

Baca juga: TIPS MEMILIH PUPUK CAIR TERBAIK UNTUK PADI

Kesuburan lahan pertanian dan perkebunan secara alami tergantung pada unsur hara yang terdapat pada alam. Unsur hara ini dapat dipenuhi dengan cara memberikan pupuk buatan. Pupuk buatan dalam bentuk cair dapat membantu tanaman untuk meningkatkan produksi klorofil, membantu meningkatkan produktivitas tanaman melalui pertumbuhan tunas, bunga dan buah. Pupuk organik juga mampu mengurangi proses gugurnya atau gagal buah dan buah, mempercepat proses perkecambahan biji serta menyempurnakan pertumbuhan akar.

Pupuk organik juga mampu menguraikan unsur kimia yang bersifat racun serta menyediakan unsur hara yang penting bagi tanaman. Bagi petani kakao, penggunaan Suplemen Organik Tanaman atau biasa disebut SOT HCS dari PT. HCS sebagai pupuk organik cair dapat meningkatkan jumlah buah dan berat kering biji kakao. Peningkatan produktivitas berarti peningkatan pendapatan bagi para petani.

 

Rekaman kata kunci:

pupuk cair untuk tanaman kakao,obat perangsang buah kakao,Pupuk cair untuk coklat,pupuk cair organik yg paling baik utu cacao merekny apa,pupuk coklat cair,pupuk perangsang tuk kakao,pupuk organik cair untuk kakao cara menggunakannya,Pupuk mustika subur,pupuk organik cair untuk perangsang buah coklat,pupuk organik cair untuk tanaman kakao,pupuk organik kakao,pupuk cair perangsang buah untuk kakao,pupuk cair organik untuk kakao 210ml,Cara aplikasi pupuk organik cair pada kakao,jenis pupuk cair organik untuk tanaman kakao,Kakao pakai organik cair,manpaat madu buat tanaman kakao,Mutu perangsang biostar utk padi dn kakao 10 0kt 2017,pupuk buatan untuk kakao baik,pupuk cair cooklat,pupuk cair kakao,pupuk cair kakao paling baik,Bahaya pupuk cair untuk bunga kakao,