Tips Memilih Pupuk Cair Terbaik untuk Padi

Posted on
Pupuk Cair Terbaik untuk Padi
Suplemen Organik Tanaman – SOT dari HCS merupakan Pupuk Cair Terbaik untuk Padi dan semua tanaman. Bersama dengan Phefoc dan SOC HCS, Pupuk organik cair ini telah mendapatkan sertifikat resmi dari INOFICE

Pengaruh Pupuk Cair Terhadap Kualitas Tanah

Kebutuhan pertanian akan pupuk cair terbaik untuk padi memang tidak dipungkiri telah menjadi hal lazim di Indonesia. Produk-produk pupuk buatan bisa ditemui dengan mudah di toko-toko yang berkaitan dengan pertanian. Pupuk buatan tersebut sebagian besar berupa pupuk organik baik dalam bentuk cair maupun padat. Diproduksi oleh produsen besar maupun secara home industri.

Memilih pupuk cair terbaik untuk padi perlu ketelatenan dan ketelitian. Biasanya para petani akan memanfaatkan sampel terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya pada lahan lebih luas. Para petani perlu mengetahui komponen maupun kandungan senyawa pupuk cair tersebut. Pupuk cair dalam bentuk organik sangat diperlukan untuk memperkaya tanah akan unsur hara. Pupuk organik biasanya juga mengandung berbagai bakteri yang masing-masing memiliki fungsi penting dalam ekologi tanah. Beberapa mikroorganisme yang terdapat pada pupuk organik, antara lain:

  1. Aspergillus sp memiliki fungsi melarutkan fosfat, menguraikan senyawa selulosa dan lignin, menguraikan bahan-bahan organik dalam tanah dan mensuplai zat anti hama.
  2. Azospirillium sp berfungsi menambat N non simbiotik. Berkaitan dengan fungsinya tersebut mikroorganisme ini mampu menghasilkan hormon IAA (Indole Acetic Acid) serta melarutkan fosfat. Mikrogoranisme ini bisa hidup bebas di udara dan mudah berasosiasi dengan akar tanaman.
  3. Azotobacter sp berfungsi sebagai mikroorganisme penambat Nitrogen non simbiotik, menghasilkan hormon yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman serta menghasilkan enzim Nitrogenase. Pupuk yang mengandung mikroorganisme ini dapat digunakan bagi semua jenis tanaman sebab bakteri tersebut mudah hidup di dalam tanah, air, permukaan daun dan bersifat aerobik.
  4. Bacillus sp. Mikroorganisme ini mempunyai kemampuan melarutkan Fosfat, Kalium serta mereduksi Fe3+ menjadi Fe2+. Ia juga mampu menguraikan residu kimia di dalam tanah serta memproduksi enzim yang membantu menyuburkan tanaman.
  5. Pseudomonas sp memiliki fungsi menghasilkan antibiotik alami sehingga tanaman tidak mudah terserang hama penyakit. Mikroorganisme ini berperan sebagai pesaing bakteri patogen (bakter yang dapat menyebabkan penyakit) dalam mendapatkan makanan di sekitar akar tanaman. Pseudomonas sp juga membantu merangsang pembentukan hormon Sitokonin, Giberellin, ZPT Auksin, meningkatkan kemampuan tanaman menyerap unsur besi (Fe) dan Sulfur (S) serta membantu meningkatkan suplai unsut Mn, Fosfat dan Kalium.

Tips Memilih Pupuk Cair Terbaik untuk Padi

Kebutuhan tanaman akan unsur hara bisa dipenuhi oleh pupuk cair seperti Suplemen Organik Tanaman (SOT) dari PT. HCS. Menentukan pupuk cair terbaik untuk padi dapat ditandai ciri-ciri tertentu berikut ini.

BACA JUGA: CARA PENGGUNAAN PUPUK CAIR SOT HCS UNTUK PADI

  1. Mengandung mikroorganisme yang bersifat menguntungkan tanaman. Pupuk organik cair pasti mengandung mikroorganisme yang membantu tanaman tumbuh optimal. Mikroorganisme yang terpenting adalah yang mampu mengikat Nitrogen dan menguraikan Fosfat dan Kalium.
  2. Mengandung unsur hara Makro terutama Nitrogen, Fosfat dan Kalium. Ketiga unsur ini merupakan unsur hara yang wajib dimiliki pupuk cair terbaik untuk padi. Padimerupakan tanaman yang membutuhkan berbagai unsur hara terutama tiga unsur utama agar bisa menghasilkan panen melimpah.
  3. Mengandung unsur hara mikro. Pupuk cair yang baik tidak hanya mengandung unsur hara makro namun juga harus mengandung unsur hara mikro. Sebab seperti halnya manusia, tanaman juga memerlukan unsur penunjang tambahan.
  4. Mengandung hormon ZPT.
  5. Mencantumkan kandungan Karbon organiknya.
  6. Mencantumkan derajat keasaman. Hal ini perlu dipasang di label kemasan sebab petani perlu memahami derajat keasaman pupuk sesuai kebutuhan media tanam.
  7. Mencantumkan izin resmi dari kementrian pertanian.

Baca juga: CARA APLIKASI PUPUK CAIR SOT HCS UNTUK JAGUNG

Demikian uraian singkat seputar Tips Memilih Pupuk Cair Terbaik untuk Padi. Semoga bermanfaat.

 

Rekaman kata kunci:

pupuk padi terbaik,pupuk organik cair terbaik untuk padi,Pupuk cair untuk padi,pupuk cair terbaik untuk padi,pupuk daun terbaik untuk padi,pupuk cair yang baik untuk padi,pupuk npk cair untuk padi,jenis pupuk organik cair,pupuk organik cair terbaik,pupuk organik terbaik untuk padi,Pupuk daun padi,pupuk daun terbaik,pupuk kcl cair untuk padi,pupuk organik cair untuk padi,npk cair terbaik,poc terbaik untuk padi,pupuk npk organik terbaik,Pupuk terbaik,poc untuk padi,pupuk padi,Pupuk cair terbaik untuk tanaman padi,hcs untk padi,pupuk organik cair,Pupuk terbaik untuk padi,pupuk cair terbaik untk padi,pupuk cair untuk buah padi,merk pupuk organik cair yang bagus,pupuk organik padi,jenis pupuk cair untuk tanaman padi,pupuk cair yang paling bagus untuk padi,pupuk daun,Jenis pupuk organik khusus padi,merk pupuk organik cair terbaik,