Pupuk Cair Organik untuk Tanaman Hidroponik

Pupuk Cair Organik untuk Hidroponik

Posted on

Pupuk Organik Cair untuk Sayuran Hidroponik

Bercocok Tanam Yuk dengan Pupuk Cair Organik untuk Hidroponik!

Bercocok tanam tidak harus dilakukan oleh mereka yang sudah ahli bertani saja loh ya, yang awam pun bisa melakukannya. Saat ini sudah berkembang yang namanya bercocok tanam secara hidroponik, apa sih bercocok tanam hidroponik itu? Cara bercocok tanam secara modern dan mengasikkan. Tidak perlu memiliki lahan yang sangat luas, di pekarang rumah depan atau belakang pun bisa dilakukan.

Mau mencobanya? Baca terus artikel ini ya, nanti akan dikasih tau bagaimana memulainya, media tanamannya apa, dan apa nutrisi tanaman hodroponik. Memulainya tentu saja dengan menyiapkan lahan yang akan dijadikan tempat menanam, kemudian memilih bibit yang akan ditanam.

Kemudian mulai menanamkan bibit tanamannya, selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah pemberian nutrisi untuk tanaman tersebut. Cara penanamannya sudah asyik, akan lebih asyik lagi dengan memberinya pupuk organik, seingga hasilnya akan jauh lebih baik, kaya akan kandungan nutrisijuga tanamannya. Saat ini masyarakat juga kembali menyukai makanan yang dibuat secara organik. Karena dinilai lebih sehat. Dan untuk itu bisa dimulai dengan memberinya pupuk cair organik untuk hidroponik.

Pupuk cair organik saat ini bisa di dapat dengan mudah karena banyak yang menjualnya, termasuk pupuk cair organik untuk hidroponik. Hanya saja jika ingin membuatnya sendiri juga bisa, berikut beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat pupuk cair organik. Bisa didapatkan di sekitar rumah. Bisa dengan daun kering, pupuk dari daun kering ini memberikan unsur hara berupa fospor.

Pupuk Cair Organik untuk Hidroponik

Bahan yang digunakan adalah Daun-daun kering yang sudah jatuh, air 20 liter, gula merah 1 batang, dan decomposer atau mol tape 100 cc.

Kemudian cara mengolahnya:

  1. Daun kering dan gulamerah di tumbuk halus.
  2. Masukkan ke dalam sebuah wadah hasil tumbukan di atas, masukkan air sesuai dengan takaran, secukupnya. Tutup.
  3. Kemudian diamkan selama 10 hari.
  4. Setelah tercium bau yang menyengat sudah siap untuk digunakan, saat hendak diaplikasikan bisa dicampur dengan air, sesuai dengan takarannya.

Selain dari daun kering, bisa juga dengan menggunakan batang pisang, cara pembuatannya sama dengan daun kering. Jika daun kering banyak mengandung fospor maka batang pisang mengandung kalium yang akan bermamfaat untuk pertumbuhan tanaman.

Cara membuatnya:

  1. Potong sekitar 50 cm batang pisang bagian dalam yang putihnya, sebaiknya bagian yang paling dekat dengan bonggolnya tau akar.
  2. Siapkan 10 liter air.
  3. 1 batang gula merah.
  4. Dan 100 c c/10 cc dekompser atau mol tape bisa dibeli di tempatkpenjualan pupuk.
  5. Tumbuh bonggol pisang dan gula merah, campurkan semua bahan yang sudah di tumpuk ke dalam wadah, kemudian tutup, diamkan selama 10hari, kemudian pisahkan menjadi 3 bagian rata masing-masing tuangkan air 20 liter, pupuk cair organik untuk hidroponik sudah siap digunakan.

Pupuk Organik Cair untuk Hidroponik

Jual Pupuk Cair Organik untuk Hidroponik SOT HCS

Jika ingin Pupuk Cair Organik untuk Hidroponik yang sudah ready dan tinggal pakai, Anda bisa coba suplemen organik tanaman – SOT HCS. Semoga bermanfaat ya!

Rekaman kata kunci:

hidroponik banjarbaru,membuat nutrisi hidroponik organik hcs,rumah hidroponik tanjung hulu com,sot & hidroponik,