Pola HCS: Pelihara 20 Ekor Kambing, Bikin Pakan Sekali Sebulan Tanpa Ngarit

Pelihara Kambing Tanpa Ngarit
Pelihara Kambing Tanpa Ngarit yang dilakoni pak Madsudi menggunakan pola HCS dengan SOC sebagai fermentornya

Kisah Sukses Mitra HCS Pelihara Kambing Tanpa Ngarit Pola HCS kali ini menayangkan Pak Madsudi sebagai lakon. Selamat membaca. Semoga menginspirasi.

Menjadi peternak kambing sudah dilakukan Madsudi sejak tiga tahun yang lalu. Namun seiring dengan semakin bertambahnya jumlah kambing yang ia pelihara tidak serta merta membuat hidupnya  santai.

Paling tidak, sehari tiga kali ia harus keluar rumah untuk mencari rumput atau ijo-ijoan sebagai pakan kambing. Bahkan seluruh keluarganya dilibatkan untuk berperan dalam usaha peternakan kambing. Mulai dari anak-anak hingga mertuanya.

Baca: MANTAN TKW TERNAK 200 EKOR KAMBING TANPA NGARIT

Tapi, itu kisah lama. Madsudi hari ini telah menjadi peternak kambing modern. Tanpa ngarit lagi. Dengan memelihara 17 ekor kambing dengan metode barunya, Madsudi Cuma butuh waktu setengah hari dalam satu bulan untuk mempersiapkan pakan.

Cara beternak dengan menyiapkan pakan kurang dari sehari tiap bulan ini dia peroleh berkat informasi dari mitra HCS Bangkalan yang saat itu melakukan sosialisasi tani ternak modern. Metode ini menggunakan SOC (Suplemen Organik Cair) dari HCS sebagai campuran ketika membuat pakan fermentasi.

Baca: SOC HCS Untuk Ternak Kambing Tanpa Ngarit

Bukan hanya mendapatkan penjelasan cara beternak dengan mudah, namun juga praktek langsung dan mengunjungi peternakan mitra HCS terdekat. Selain mengamati cara ternak mitra HCS yang tanpa ngarit, tanpa angon, dan tanpa bau kotoran, Madsudi juga rajin bertanya kepada para senior di HCS.

Tidak berhenti sampai di situ, Madsudi pun mengikuti berbagai pelatihan lanjutan yang diprogramkan oleh managemen HCS. Hingga ‘tamat’ sampai tahap akhir.

Konsep HCS dirasa cocok untuk dikerjakan oleh siapa saja terutama bagi petani yang ingin betul-betul bisa mandiri.

Baca: Ibu Hajjah Ternak 75 Ekor Kambing Tanpa Angon, Tanpa Ngarit

Di lingkungannya, di Bangkalan, Tanah Merah, pak Madsudi semakin dikenal sebagai peternak yang hebat. Hampir setiap hari beliau menceritakan pengalaman pribadinya tentang pelihara kambing pola HCS. Selain kotoran tidak bau, nafsu makan kambing pun jadi lahap.

Untuk lebih mengenal seperti apa sosok pak Madsudi, silakan tonton videonya berikut ini. Saking meningkatnya nafsu makan, sampai-sampai kaos milik beliau pun nyaris dimakan kambing:

Untuk order Suplemen Organik Cair (SOC) HCS klik gambar berikut:

error: Materi Diproteksi!!!