Pelihara Kambing Tanpa Ngarit

Cara Pelihara Kambing Tanpa Ngarit Tanpa Angon

Posted on

Pelihara Kambing Tanpa Ngarit Tanpa Angon >> Antusias masyarakat Indonesia untuk terjun di dunia peternakan sangat besar sekali. Khususnya bisnis budidaya kambing. Baik itu kambing jawa, domba (gibas), maupun etawa. Apalagi setelah Program HCS Indonesia mengkampanyekan pola baru. Yakni Ternak Kambing Tanpa Ngarit Tanpa Angon.

Pelihara Kambing Tanpa Ngarit

Data order SOC (Suplemen Organik Cair) HCS di website kami mengalami peningkatan signifikan dalam kurun waktu 2 tahun terakhir.

SOC adalah biangnya Pelihara Kambing Tanpa Ngarit Tanpa Angon. Berkat suplemen ternak yang diproduksi PT HCS ini, masyarakat peternak kambing tidak lagi direpotkan oleh kegiatan ngarit (mencari rumput).

Kami tampilkan video pelihara kambing Jawa tanpa ngarit menggunakan Suplemen Organik Cair (SOC).

Cara Pelihara Kambing Tanpa Ngarit Tanpa Angon

Kambing adalah salah satu hewan yang banyak diternakkan di Indonesia. Mengapa? Karena kambing, appun jenisnya, baik itu kambing jawa, domba atau gibas, merupakan hewan yang gampang dipelihara; dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan hawa seperti Indonesia.

Oleh karena itu, para peternak senang dengan hewan yang satu itu. Sebab dengan begitu maka pertumbuhan kambing akan lebih cepat dan secara otomatis keuntungan yang akan didapat pun lebih cepat.

Sebenarnya, kunci untuk membuat kambing dapat tumbuh dengan baik dan maksimal, selain suhu pada daerah tersebut juga pakan yang diberikan. Pilihlah pakan organik yang aman dan tidak menimbulkan efek samping seperti pakan olahan dengan campuran bahan kimia.

Pakan organik yang dimaksud disini tentu saja berupa rumput segar. Namun, anda juga bisa mencoba memberikan pakan fermentasi pada kambing anda. Jika Anda sudah mahir membuat pakan seperti ini Anda tidak perlu lagi ngarit (mencari rumput) dan tidak perlu lagi angon (mengembala). Inilah kenapa sistem ternak modern ini dinamai pelihara kambing tanpa ngarit tanpa angon.

Tak ada yang perlu dikhawatirkan dengan pakan fermentasi ini. Karena pakan fermentasi juga tak kalah segar dan amannya. Terlebih jika anda mencampurkan SOC (Suplemen organik cair) di dalamnya. SOC yang merupakan bio organik ini mampu memberikan manfaat tambahan pada hewan ternak anda yang tak akan anda peroleh hanya dengan memberikan pakan segar.

Manfaat SOC untuk Pelihara Kambing Tanpa Ngarit Tanpa Angon

Berikut beberapa diantara manfaat Suplemen Organik Cair (SOC) HCS untuk kambing:

1.      Bagi anda yang menernakkan kambing jenis pedaging, SOC ini mampu menambah masa atau berat kambing dalam jangka waktu yang cepat. Sehingga kambing akan terlihat lebih besar dalam jangka waktu yang cepat pula.

2.      Sedangkan jika anda menernakkan jenis kambing penghasil susu, maka SOC mampu bekerja memaksimalkan hasil susu yang diproduksi kambing.

3.      Dua manfaat SOC yang sebelumnya tersebut bisa diperoleh karena SOC bekerja dengan cara menambah nafsu makan hewan ternak. Jadi, ketika hewan ternak memiliki nafsu makan yang tinggi dan jumlah pakan yang dikonsumsi pun lebih banyak secara otomatis tubuhnya akan cepat besar, serta kelenjar susunya pun akan tumbuh dengan baik.

4.      Tak sekedar gemuk dan menghasilkan daging dalam jumlah yang banyak, namun daging yang dihasilkan pun memiliki kualitas nomer satu. Begitupun dengan kualitas susu, tak sekedar banyak namun kandungan nutrisi dan kepekatan susu juga jauh lebih baik ketimbang kambing yang tak diberi pakan fermentasi dengan SOC.

5.      Selain mampu memaksimalkan hasil produksi kambing, SOC juga merupakan suplemen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh kambing terhadap serangan berbagai penyakit.

6.      Jika biasanya anda risih atau kurang nyaman dengan aroma kotoran kambing yang begitu menyengat, namun dengan memberikan pakan ferementasi yang dicampuri SOC ini kotoran yang dihasilkan tidak akan terlalu menyengat aromanya. Berkat SOC, Komunitas HCS berani pasang jargon pelihara kambing tanpa ngarit tanpa angon tanpa bau limbah.

7.      Jumlah kotoran yang dihasilkan juga tak begitu banyak, sebab SOC juga mampu melancarkan pencernaan hewan ternak dimana ketika pencernaan lancar maka setiap pakan yang dikonsumsi akan diolah dengan baik dan hanya akan menghasilkan sisa pencernaan (kotoran/fases) dalam jumlah yang sedikit.

Info Harga SOC HCS untuk kelinci klik: SUPLEMEN ORGANIK CAIR untuk Kambing.

7 manfaat Suplemen Organik Cair (SOC) tersebut dapat anda peroleh dengan memberikan pakan fermentasi pada kambing sebanyak 2 kali sehari. Lalu di mana bisa mendapatkan pakan fermentasi tersebut?

Sayangnya pakan fermentasi ini hanya bisa anda buat sendiri. Meskipun begitu anda tak perlu resah karena bahan yang dibutuhkan serta cara atau proses pembuatannya sangat mudah. Anda bisa menggunakan salah satu limbah pertanian yaitu berupa jerami.

Pakan Fermentasi Untuk Pelihara Kambing Tanpa Ngarit Tanpa Angon

Limbah yang merupakan batangan padi ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Sehingga sangat baik untuk pertumbuhan kambing. Selain itu, jerami juga cukup disenangi oleh kambing sehingga hal ini bisa menambah nafsu makan kambing.

Berikut ini bahan-bahan yang anda butuhkan untuk membuat pakan fermentasi untuk kambing dengan menggunakan bahan utama jerami.

1.      Jerami dengan banyak 1000 kg atau bisa kurang/lebih.

2.      Larutan gula yang dapat dibuat dengan mendidihkan gula hingga menjadi karamel, kemudian ketika sedang mendidih gula disiram air dan tunggu hingga mendidih lagi dan gula larut dalam air tersebut. Karena cukup berbahaya, sebaiknya anda berhati-hati ketika menuangkan air di atas lelehan gula atau karamel. Namun bagi anda yang ingin lebih praktis, bisa membeli tetes tebu. Yaitu sisa proses pembuatan gula dimana bentuknya menyerupai karamel. Dan untuk menggunakan tetes tebu ini anda hanya perlu mencampurkannya dengan air saja.

3.      Bahan terakhir yang anda butuhkan yaitu bio oraganik SOC HCS.

Nah jika semua bahan sudah disiapkan semua, berikutnya siapkan alat untuk proses fermentasi pakan. Alat yang dibutuhkan yaitu terpal dan kantung plastik yang berukuran besar.

Gunakan terpal sebagai tempat mencampurkan jerami dan larutan gula serta SOC. Kemudian kantung plastik berukuran besar digunakan untuk mendiamkan jerami yang sudah dicampuri larutan gula serta SOC.

Kemudian berlanjut ke tahap pembuatan yang terdiri dari beberapa langkah yaitu,

1.      Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memotong-motong jerami menjadi kecil-kecil (panjang sekitar 5 cm atau bisa kurang/lebih). Tujuan mengapa jerami harus dipotong-potong yaitu agar dapat dicerna oleh kambing dengan lebih maksimal.

2.      Kemudian campurkan larutan gula dan SOC. Untuk takarannya sendiri anda bisa membandingkan 2 tutup botol SOC dicampurkan dengan sekitar 15 liter larutan gula atau molase.

3.      Setelah itu semprotkan larutan yang terdiri dari air gula dan SOC tersebut di atas potongan jerami kering. Karena keadaan jerami yang masih kering, injak-injak jerami agar larutan gula dan SOC dapat meresap dengan sempurna.

4.      Kemudian masukkan jerami yang sudah dicampuri larutan gula dan SOC tersebut ke dalam kantung plastik besar yang sudah disiapkan sebelumnya.

5.      Tutup rapat plastik hingga kedap udara. Mengapa harus kedap udara? Karena bakteri yang akan membuat jerami terfermentasi akan tumbuh dengan baik ketika berada di ruang atau tempat yang hampa udara.

6.      Diamkan jerami dalam plastik selama 1 hari 1 malam (24 jam minimal. Namun, waktu yang terbaik agar hasil maksimal adalah 7 hari.

Waktu fermentasi yang dibutuhkan untuk jerami ini memang jauh lebih lama jika dibandingkan dengan pakan fermentasi dengan bahan lain seperti gedebog pisang ataupun limbah berupa dedaunan.

Sebab, jerami yang sangat kering akan menyebabkan larutan gula dan SOC meresap lebih lambat. Selain itu, bakteri yang dibutuhkan juga jauh lebih banyak sehingga waktu yang dibutuhkan otomatis harus lebih lama.

Nah karena anda membuat pakan fermentasi ini dalam jumlah yang cukup banyak, dan mungkin tak habis dalam satu kali pemberian anda bisa mendiamkan pakan fermentasi ini lagi hingga beberapa bulan. Asalkan didiamkan dalam ruang tertutup atau dalam kantung plastik yang rapat.

Bagaimana, anda tertarik untuk membuat sendiri pakan fermentasi sehat ini? Jika jerami bisa anda peroleh dari petani sekitar, bahan yang mungkin harus anda cari di toko pertanian adalah SOC.

Akan tetapi bagi anda yang tinggal di pedesaan dan enggan pergi ke kota untuk mendapatkan SOC ini, anda bisa membelinya secara online. Selain lebih mudah proses transaksinya, ketika anda membeli secara online barang pun akan diantar sampai ke tujuan.

Info Harga SOC HCS untuk kelinci klik: SUPLEMEN ORGANIK CAIR untuk Ternak Kambing Tanpa Angon.

Tak cukup disitu, anda juga akan mendapatkan keuntungan lebih jika membeli online, yaitu harga produk yang lebih miring. Selamat dan sukses untuk pelihara kambing tanpa ngarit tanpa angon.

Rekaman kata kunci:

fermentasi makanan ternak,cara ngarit cepat,Bau aroma soc peternakan,ngarit cepat,makanan harian penggemukan kambing tanpa ngarit pasca melahirkan,kelinci komonitas,kandang kelinci,aplikasi ngangon,Diagram Pakan Domba Tanpa Harus Ngarit,cara untuk mengurus sapi limosin,transaksi pupuk kotoran kambing,