Ciri-ciri Pupuk Cair Terbaik Jenis Organik

Posted on

Pupuk cair terbaik diyakini membantu meningkatkan kesuburan tanah pertanian dan perkebunan. Apakah semua lahan yang dibudidayakan perlu mendapatkan pupuk tambahan? Pertanyaan tersebut terjawab jika memahami fungsi pemupukan. Pemupukan berfungsi mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh, berkembang dan menghasilkan panen seperti yang diharapkan. Fungsi pupuk dalam proses penggemburan tanah adalah untuk mensuplai berbagai unsur hara baik itu unsur makro maupun mikro sehingga panen pun berhasil diraih secara optimal.

Pupuk cair terbaik tidak hanya mensuplai kebutuhan tumbuhan akan unsur hara. Di dalam media tanam pupuk organik berfungsi membunuh bakteri patogen sehingga ancaman bagi tanaman agar bisa tumbuh optimal dapat diminimalkan. Saat ini semakin banyak perusahaan memproduksi pupuk dalam bentuk organik cair. Pupuk organik dalam bentuk cairan saat ini lebih disukai karena lebih mudah diaplikasikan dan tidak merusak komposisi alami tanah dan lahan budidaya. Bahkan pupuk organik mampu mengembalikan kesuburan tanah secara bertahap sebab dalam pupuk organik terkandung berbagai mikroorganisme yang membantu memperbaiki struktir dan kondisi tanah agar lebih produktif sebagai lahan pertanian.

Baca juga: PUPUK CAIR ORGANIK, RAHASIA PANEN TERBAIK

Dengan demikian, pemupukan menggunakan pupuk organik tidak hanya bertujuan jangka pendek untuk menyuburkan tanah. Pemupukan menggunakan bahan organik juga bertujuan jangka panjang untuk mengembalikan kesuburan tanah yang terkikis oleh sedimentasi atau bahan-bahan kimia.

Memilih Pupuk Cair Terbaik Jenis Organik

Pupuk organik merupakan pupuk yang terbuat dari berbagai sisa makhluk hidup. Bagian dari makhluk hidup tersebut bisa berupa kotoran hewan, sisa hewan dan tanaman yang mati dan membusuk, limbah organik yang telah melalui proses rekayasa serta diperkjaya bahan mineral dan mikroba. Pupuk cair dapat diberikan secara langsung menurut takaran sehingga mampu memberikan nutrisi bagi daun, akar dan batang tanaman.

Di pasaran dapat ditemui berbagai jenis pupuk organik. Pupuk cair terbaik seperti Suplemen Organik Tanaman atau biasa disebut SOT HCS dari PT. HCS memiliki ciri khas yang menjadi bahan pertimbangan para petani, yaitu:

Pupuk cair terbaik
Suplemen Organik Tanaman atau SOT HCS sudah mendapatkan sertifikat dari INOFICE. Hal ini semakin mengukuhkan SOT sebagai pupuk cair terbaik.

1.      Mengandung mikroorganisme hayati seperti bakteri yang bersifat mengunutungkan tanaman. Unsur yang paling diperlukan tanaman untuk tumbuh subur adalah Nitrogen, Phosphat dan Kalium. Maka pupuk organik yang baik adalah yang mengandung mikroorganisme yang bersifat mampu mengikat unsur NPK, Nitrogen, Phosphat dan Kalium.

2.      Mengandung unsur hara makro. Selain mengandung mikroorganisme yang mampu mengikat unsur NPK, pupuk organik yang baik juga mengandung unsur tersebut dalam senyawanya. Kebutuhan tanaman akan unsur NPK sangatlah besar sehingga pupuk yang baik adalah pupuk yang mampu mencukupi kebutuhan tanaman tersebut.

3.      Mencantumkan derajat keasaman atau pH. Setiap tanah budidaya memiliki karakter derajat keasaman yang berbeda. Fungsi pencantuman pH pada label pupuk adalah untuk memberikan perlakuan yang tepat dan tepat sasaran. Misalnya tanah yang terlalu asam hendaknya tidak ditambahkan pupuk organik yang memiliki derajat keasaman rendah.

4.      Mencantumkan izin resmi dari pemerintah. Insititusi yang berhak melegalkan segala jenis pupuk dan suplemen untuk pertanian adalah Kementrian Pertanian. Fungsi legalitas ini adalah untuk menghindari zat-zat yang berbahaya yang mungkin terkandung dalam pupuk illegal. Pupuk, suplemen untuk pertanian yang didaftarkan secara resmi akan diperiksa di laboratorium milik Kementrian Pertanian untuk memastikan kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya. Pupuk ilegal yang tidak terdaftar beresiko membahayakan tanaman sebab bisa saja terdapat senyawa atau mikroorganisme yang bersifat mengancam tumbuh kembang tanaman sehingga menyebabkan gagal panen.

Rekaman kata kunci:

Jenis pupuk cair,jenis pupuk cair organik,pupuk cai,jenis pupuk hayati terbaik,Pupuk hayati terbaik,daftar pupuk organik terbaik,pupuk mikroba terbaik,pupuk organuk terbaik,jenis pupuk untuk sayuran pada lahan tanah cepat kering,pupuk organik cair untuk segala macam tumbuhan,pupuk organik yg terbaik,jenis jenis pupuk NPK CAIR,contoh pupuk organik cair,pupuk cair terbaik untuk semua tanaman,jenis-jenis pupuk cair,jenis-jenis pupuk cair organik,kenapa pupuk cair paling baik dari bahan sejenis tanamanya,Macam pupuk cair terbaik,Membuat npk cair lengkap SPT,obat organik spt,Produk pupuk cair unggulan di indonesia,ciri ciri pupuk organik cair yang sudah jadi,jenis jenis pupuk cair pertanian,jenis pupuk organik di pasaran,jenis jenis pupuk orga,Jenis jenis pupuk cair,inofice pertanian asia tenggara,Daftar pupuk organik cair terbaik 2017,daftar pupuk cair terbaik,daftar pupuk cair,jenis pupuk hayati yang baik,Jenis Pupuk organick cair,jenis pupuk organik cair ter baik,