Cara Membuat Pakan Fermentasi Untuk Ayam Dengan SOC

Posted on

Cara Membuat Pakan Fermentasi dengan SOC HCS untuk Ayam (Unggas)>> Ayam merupakan salah satu jenis unggas yang dagingnya paling banyak dikonsumsi orang. Hal ini karena tekstur daging ayam yang lembut serta kandungan gizinya yang tinggi.Karena kebutuhan akan daging ayam yang tinggi inilah mengapa ayam banyak diternakkan, baik ayam pedaging maupun ayam petelur. Selain karena potensi meraup keuntungan yang besar, bisnis ternak ayam juga sangat mudah dijalankan karena ayam termasuk hewan ternak yang mudah dalam perawatannya.

Cara Membuat Pakan Fermentsi Untuk Ayam Dengan Campuran SOC

Yang menjadi kunci dalam perawatan ayam adalah pemberian pakan dan kebersihan kandangnya. Untuk pemberian pakan sendiri sebaiknya jangan terus menerus pakan olahan seperti pur.Ya meskipun pakan ini akan membuat ayam menjadi lebih cepat tumbuh besar, namun ternyata ada cara lain yang lebih baik untuk membuat ayam menjadi lebih besar, yaitu dengan memberikan pakan fermentasi dengan campuran SOC.

SOC sendiri merupakan suplemen organik cair yang memiliki berbagai manfaat untuk hewan ternak anda, dalam hal ini ayam pedaging. Selain itu, karena terbuat dari 100% bahan alami, maka SOC sangat aman digunakan dan tidak berpotensi menyebabkan berbagai efek samping pada hewan ternak.

Baca juga: Pola HCS, Tingkatkan Produksi Telur Ayam Petelur Hingga 97%

Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa manfaat yang akan anda peroleh dengan memberikan pakan fermentasi dengan campuran SOC pada ayam-ayam anda.

Manfaat SOC HCS untuk Ayam (Unggas)

  1. Salah satu manfaat utama SOC adalah untuk meningkatkan nafsu makan hewan ternak. Sebab ketika hewan ternak memiliki nafsu makan yang tinggi makan pakan yang dikonsumsi pun akan jauh lebih banyak dan pekembangannya akan lebih cepat.
  2. Seperti yang sudah dijelaskan di point sebelumnya, SOC ini akan mempercepat masa pertumbuhan hewan ternak menjadi kurang lebih 2 kali lipat. Sehingga dengan percepatan masa pertumbuhan hewan ternak ini bukankah masa panen pun akan menjadi lebih cepat dan masa untuk mendapat keuntungan pun datang lebih cepat.
  3. Meskipun masa pertumbuhan hewan ternak menjadi lebih cepat, namun jangan fikir jika kualitas daging yang dihasilkan jelek atau banyak memiliki lapisan lemak, karena kualitas daging yang dihasilkan dari hewan ternak dengan pakan fermentasi SOC ini dijamin berkualitas tinggi.
  4. Tak cukup disitu, SOC juga akan membuat daging yang dihasilkan menjadi rendah kolesterol. Sehingga bagi anda yang memiliki penyakit kolesterol tak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi ayam pedaging. Namun ingat, pengolahannya pun harus tepat.
  5. Selain dapat menggemukkan ayam, SOC juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh ayam. Sehingga ayam akan kebal dari serangan berbagai penyakit.
  6. Manfaat berikutnya yang akan anda peroleh dengan memberikan pakan fermentasi yang dicampuri SOC kepada ayam-ayam anda adalah bau kotoran yang tidak menyengat, serta jumlahnya yang lebih sedikit. Dengan begitu, maka dapat menguangi frekuensi membersihkan kandang ayam bukan?

Sangat menarik bukan manfaat yang akan anda peroleh ketika memberikan pakan fermentasi dengan campuran SOC ini pada ayam-ayam anda? Nah untuk cara fermentasi pakan ayam dengan campuran SOC ini anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Karena pakan fermentasi ini bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang sangat terjangkau.

Bahan Membuat Pakan Fermentasi Untuk Ayam Dengan SOC

Apa saja bahan-bahan tersebut? Berikut daftarnya.

  1. Limbah sayuran, bisa berupa limbah daun kangkung, gedebog pisang, daun bayam maupun daun pepaya.
  2. bekatul atau yang lebih dikenal dengan dedak (porsinya sekitar 1:10 dengan limbah sayuran tadi)
  3. Dapat menggunakan tepung jagung maupun tepung ikan dengan porsi sama seperti bekatul.
  4. Ampas tahu dengan porsi 2 kali lipat dari porsi bekatul atau tepung.
  5. Nasi aking dengan porsi sama dengan ampas tahu.
  6. Konsentrat dengan jenis 511 bravo
  7. Yang terpenting adalah Suplemen bio organik SOC HCS.

Setelah semua bahan terkumpul, berikutnya siapkan alat untuk proses pembuatan pakan fermentasi untuk ayam dengan campuran SOC ini. Alat yang dibutuhkan sendiri adalah terpal untuk mencampur semua bahan serta kantung plastik berukuran besar untuk proses fermentasi.

Berikut ini langkah-langkah pembuatannya.

  1. Pertama-tama rendam nasi aking dalam air selama beberapa jam. Tunggu hingga nasi menjadi lunak,baru setelah itu tiriskan.
  2. Sambil menunggu nasi menjadi lunak, anda bisa mencacah limbah sayuran menjadi potongan kecil. Tujuan dari pencacahan sayuran ini adalah agar pakan fermentasi natinya akan mudah dicerna oleh ayam.
  3. Nah ketika semua bahan sudah dalam keadaan kecil-kecil dan lunak, baru campurkan dengan dedak, ampas tahu serta tepung. Campur di atas terpal dan aduk hingga rata.
  4. Jika sudah tercampur rata, diamkan bahan-bahan ini selama 15 menit.
  5. Setelah itu, campurkan SOC dengan air (aturan pakai SOC adalah 2 tutup botol dilarutkan dalam 1 liter air). Nah kemudian semprotkan larutan SOC tersebut di atas bahan-bahan tadi.
  6. Pastikan anda menyemprotnya dengan rata agar semua bahan dapat terfermentasi dengan baik. Jika sudah, kemudian aduk lagi hingga rata.
  7. Baru setelah itu masukkan pakan fermentasi ke dalam kantung plastik besar yang telah disiapkan tadi. Tutup rapat plastik hingga kedap udara. Ya,plastik ini harus kedap udara agar bakteri yang akan mengfermentasi bahan-bahan tersebut berkembang dengan baik dan proses fermentasi berjalan dengan sempurna.
  8. Tunggu proses fermentasi selama 3 jam dan kemudian siap dihidangkan.

Mudah bukan cara pembuatan pakan fermentasi untuk ayam dengan campuran SOC? Nah setelah itu anda bisa langsung memberikannya pada hewan ternak anda. Jika misalnya pakan fermentasi yang anda buat terlalu banyak (tidak habis dalam satu kali pemberian), maka bisa disimpan terlebih dahulu dalam jangka waktu beberapa jam.

Namun pastikan anda menutupnya kembali. Dan agar hewan ternak anda tumbuh dengan lebih baik usahakan untuk tetap memberikan pakan fresh seperti biji-bijia ataupun pur sebagai tambahan saja.

Bagaimana, sudah tertarik untuk membuat pakan  fermentasi untuk ayam? Jika sudah mungkin anda bingung dimana bisa mendapatkan SOC ini. Sebenarnya anda tak perlu bingung, karena SOC dari HCS ini dijual diberbagai daerah.

Namun untuk proses pembelian yang lebih mudah, anda bisa mendapatkannya secara online. Selain mendapat keuntungan berupa kemudahan transaksi (proses pencarian barang), ketika anda membeli secara online anda bisa mendapatkan produk berkualitas ini dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

hal ini bisa dibuktikan sendiri dengan cara membandingkan harga SOC di toko fisik dan harga SOC ketika anda membeli secara online. Bahkan jika anda menjadi member atau mitra HCS, anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah lagi terlebih jika anda membeli paet lengkap dari HCS.

Dan bagi anda yang tinggal di pulau Jawa, harganya pun sedikit miring.

Untuk BELI SOC klik gambar di bawah ini:

Save

Rekaman kata kunci:

fermentasi ampas tahu untuk pakan ayam,fermentasi soc hcs untuk ternak unggas,cara buat pakan ayam petelur,cara membuat pakan ayam bangkok fermentasi,pakan joper fermentasi,fermentasi pakan ayam petelur,fermentasi nasi aking,pakan fermentasi ayam petelur,cara buat pakan ayam pola hcs,pakan ayam petelur fermentasi,cara membuat pakan ayam pola hcs,pakan ayam fer,pakan ayam fermentasi kering,cara fermentasi ampas tahu untuk pakan ayam,cara membuat pakan fermentasi ayam petelur,cara fermentasi pakan ayam petelur,campuran pakan ayam joper,pakan ayam bangkok fermentasi,Cara fermentasi pakan ayam dengan soc,membuat pakan ayam petelur pola hcs,pakan fermentasi utk ayam kampung super,fermentasi soc pakan ayam,fermentasi pakan ayam joper,Cara fermentasi pakan ayam joper,ternak ayam joper pola hcs,pakan fermentasi untuk ayam pedaging,cara membuat pakan fermentasi ayam joper,cara fermentasi pakan ayam pola hcs,pakan ayam fermentasi pola hcs,membuat pakan ayam SOC,cara beternak ayam kampung pola hcs,fermentasi pakan ayam soc hcs,cara membuat pakan ayam bangkok dari ampas tahu dengan difermentasi,