Cara Membuat Pakan Fermentasi Untuk Lele Dengan SOC

Budi daya lele adalah salah satu usaha yang dapat anda jalani untuk mengisi waktu luang maupun untuk usaha pokok.Ya, budi daya lele ini juga cocok untuk dijadikan sebagai usaha pokok karean keuntungan yang diperoleh darinya lumayan besar.

Sedangkan alasan mengapa budi daya lele dapat dijadikan sebagai usaha sampingan yaitu karena perawatannya yang mudah.Sehingga anda yak memerlukan banyak waktu untuk merawatnya.

Tak hanya itu, lele juga merupakan jenis ikan yang perkembangannya sangat cepat.Hanya dalam hitungan beberapa bulan (tergantung kebutuhan), ikan lele sudah dapat di panen.

Nah bagi anda yang ingin panen lele lebih cepat, cara terbaik adalah dengan member banyak asupan makanan. Bukan hanya makanan pur atau olahan saja.Namun makanan organic berupa makanan fermentasi yang telah dicampur dengan SOC.

SOC yaitu sebuah suplemen organik air yang akan memberikan berbagai manfaat untuk pertumbuhan ikan lele. Karena terbuat dari 100% bahan alami, SOC ini sangat aman dan tidak beresiko menyebabkan efek samping bagi kesehatan maupun pertumbuhan lele.

Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa manfaat SOC untuk lele.

1.      Karena merupakan suplemen, kegunaan pokok dari SOC adalah untuk meningkatkan nafsu makan lele. Sehingga dengan begitu leleakan mengonsumsi pakan dalam jumlah lebih banyak disbanding biasanya. Nah karena pakan yang dikonsumsi lebih banyak secara otomatis lele pun akan lebih cepat gemuk.

2.      Tak sekedar menjadi gemuk, namun daging yang dihasilkan pun berkualitas baik. Dimana daging lele menjadi lebih padat dan akibatnya lele pun menjadi lebih berat ketika ditimbang. Selain itu, daging lele juga lebih putih yang menandakan kualitas protein yang terdapat di dalamnya baik.

3.      Daging lele yang tebal akan terbebas dari kolesterol jahat yang apabila dikonsumsi manusia akan membahayakan kesehatan manusia.

4.      Jika biasanya waktu pertumbuhan lele (untuk lele konsumsi ukuran sedang) biasanya mencapai umur 3 bulanan, dengan memberikan pakan fermentasi untuk lele dengan campuran SOC ini pertumbuhan bisa 2 kali lebih cepat.

5.      Tak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan lele, namun limbah dari kolam juga bisa dimanfaatkan. Jika biasanya endapan pada kolam lele langsung dibuang karena hanya berupa lumpur, namun karena anda memberikan pakan fermentasi maka endapan ini kemudian bisa dimanfaatkan untuk pupuk organic.

6.      Selain dapat dimanfaatkan untuk pupuk organik, kolam lele yang biasanya berbau kurang sedap pun akan mengeluarkan bau yang tak semenyengat biasanya.

6 manfaat SOC untuk lele tersebut bisa anda perole dengan maksimal jika anda memberikan akan fermentasi untuk lele dengan campuran SOC ini setiap hari. Tak perlu khawatir, karena pakan fermentasi untuk lele dengan campuran SOC ini dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang (beberpa hari), yang terpenting adalah anda menyimpannya dengan baik (di tempat terbuka).

Lalu apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat pakan fermentasi lele dengan campuran SOC dan bagaimana cara pembuatannya? Berikut ini panduannya untuk anda.

Bahan

1.      Kotoran ternak, bisa berupa kotoran kambing maupun kotoran sapi.

2.      Limbah sayuran berupa dedaunan ataupun gedebog pisang.

3.      Ampas tahu sebagai bahan tambahan

4.      Gula pasir yang telah dicairkan dengan cara membuatnya menjadi caramel, kemudian diberi air. Pemberian air ini dilakukan ketika gula masih panas sehingga akan mudah mencair. Namun pastikan anda hati-hati, sebab caramel akan mengeluarkan uap yang sangat panas ketika diberi air. Akan tetapi jika anda ingin yang lebih praktis, maka beli saja tetes tebu yang merupakan limbah dari proses pembuatan gula,

5.      Jangan lupa siapkan pula suplemen organic cair SOC.

Jika sema bahan sudah siap, kemudian siapkan terpal dan plastic berukuran besar untuk proses fermentasi. Nah berikut ini beberapa langkah pembuatan pakan fermentasi untuk lele dengan campuran SOC.

1.      Langkah pertama adalah dengan mencampurkan larutan SOC dengan larutan gula>perbandingannya sendiri yaitu 15 liter banding 5 tutup SOC. Setelah itu aduk kedua larutan tersebut sampai rata dan diamkan beberapa saat.

2.      Sembari menunggu, anda bisa mencincang limbah sayur. Ya, limbah sayur sebaiknya dicincang menjadi potongan kecil agar nantinya mudah dimakan lele dan proses fermentasi pun lebih cepat.

3.      Setelah limbah sayur menjadi potongan kecil. Kemudian campurkan dengan dedak dan ampas tahu. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan diamkansekitar 15 menit.

4.      Ketika bahan-bahan tadi sudah tercampur rata dan setelah 15 menit didiamkan, kemudian semprotkan cairan yang terdiri dari larutan gula dan SOC.

5.      Tak perlu menyemprotkan larutan gula dan SOC ini terlalu banyak karena hanya dengan sedikit penggunaan pun SOC sudah mampu menfermentasi bahan-bahan tersebut dengan baik.

6.      Sebelum di aduk, terlebih dahulu taburkan garam beryodium secukupnya. Kemudian setelah itu baru aduk sampai rata.

7.      Setelah itu masukkan pakan fermentasi untuk lele dengan campuran SOC ini ke dalam plastic besar dan tut[ rapat hingga kedap udara. Tujuan mengapa pakan ini harus di diamkan dalam ruang yang kedap udara adalah agar bakteri yang akanmenfermentasi pakan lele ini berkembang dengan baik. Akan tetapi jangan biarkan plastic tertutup lebih dari 3 jam, sebab jika lebih maka pakan fermentasi untuk lele dengan campuran SOCakan lebih mudah busuk.

Mudah bukan cara pembuatan pakan fermentasi untuk lele dengan campuran SOC? Nah yang harus anda perhatikan dari proses pembuatan pakan fermentasi untuk lele dengan campuran SOC ini adalah waktu fermentasi serta campuran SOC yang digunakan.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jangan sampai anda menfermentasi pakan lele ini lebih dari 3 jam. Dan ketiak sudah lebih dari 3 jam namun pakan belum hendak diberikan pada lele, maka biarkan dalam ruangan terbuka (plastic dibuka).

Sedangkan untuk campuran SOC, anda bisa menggunakan SOC sebanyak 2 tutup botol saja dengan dengan dicampurkan ke dalam 1 liter air bersih.Dan setelah itu baru campurkan dengan larutan gula.

Lalu bagaimana anda bisa mendapatkan SOC ini?Salah satu produk SOC terbaik bisa anda dapatkan di mitra HCS. HCS sendiri merupakan sebuah produser atau merek SOC yang menjanjikan produk terbaik dan dengan harga terjangkau.

Lain dengan suplemen organic cair lainnya, SOC dari HCS ini dijamin asli dan tak berbahaya untuk hewan ternak. Selain itu, keunggulan lain yang dapat anda peroleh dengan membeli produk SOCHCS adalah dapat dibeli dimana saja.

Karena produk ini juga dijual secara online.Dan bagi anda yang ingin mendaftarsebagai mitra HCS bahkan bisa mendapatkan produk dengan harga miring. Serta bisa mengajak mitra lain dan mendapatkan keuntungan dari itu. Dimana untuk satu orang anggota baru anda akan mendapat komisi 50 ribu rupiah.

Bagaimana, tertarik untuk menjadi mitra HCS dan mendapatkan untung besar?

Rekaman kata kunci:

cara buat pakan fermentasi lele,cara buat pelet lele dengan soc hcs,pakan lele fermentasi soc,cara membuat pakan lele permentasi dengan soc,pakan fermentasi lele SOC,cara membuat pakan lele dari limbah sayuran,cara fetmentasi pelet dengan soc hcs,cara fermentasi pellet dengan soc untuk pakan lele,cara bikin fermentasi pakan lele,Cara permentasi pakan lele pola hcs,beli Soc untuk lele,fermantasi pakan llele soc hcs,ternak lele ala hcs soc,Fresentasi pakan bebek pake gedebog pisang,fermentasi soc hcs lele,fermentasi pakan lele tidak bisa gemuk,www permentasi ikan asin paki hcs com,fermentasi pakan lele soc,fermentasi pakan lele hcs,fermentasi pakan lele dengan soc,fermentasi pakan dengan soc untuk lele,kelebihan pakan fermentasi lele,lele pakan fermentasi,www permentasi ikan asin hcs com,teknis pe mountain pellet lele pola soc,takaran bahan untuk pakan lele fermentasi hcs,produk untuk fermentasi pakan lele,Permentasi pakan lele,pembuatan pakan lele pake soc,pelet fermentasi untuk dengan soc hcs,pakan fermentasi protein tinggi untuk lele,meracik pakan lele protein tinggi hcs,membuat pelet limbah sayur menggunakan soc,
error: Materi Diproteksi!!!