Cara Membuat Pakan Fermentasi Basah Untuk Kambing Dengan SOC

Cara Membuat Pakan Fermentasi Basah Untuk Kambing Dengan SOC HCS

Posted on

“Cara Membuat Pakan Fermentasi Basah Untuk Kambing Dengan SOC atau Suplemen Organik Cair dari HCS. Pengolahan pakan di sini ada 2 (dua); fermentasi basah dan kering. Yang akan kita bahas di sini adalah cara bikin pakan fermentasi basah.”

Untuk proses pembuatan pakan fermentasi kering silakan baca: Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing dari Jerami Padi Kering

==================

Di Indonesia, kambing merupakan salah satu binatang yang banyak diternakkan. Selain, perawatannya yang mudah, nilai jual kambing juga cukup tinggi sehingga tak heran jika banyak masyarakat yang senang budidaya ternak binatang yang satu ini.

Binatang yang juga banyak digunakan sebagai hewan kurban ketika hari raya Idul Adha ini pun terdiri dari berbagai macam jenis, mulai dari kambing lokal yang ukurannya tak begitu besar dan harga jualnya yang hanya berkisar 1-5 juta, hingga kambing etawa yang ukurannya lebih besar serta harganya yang berkali-kali lipat. Bahkan di beberapa tempat sempat terdapat kambing etawa dengan harga jual mencapai ratusan juta.

Sama seperti hewan ternak lainnya, kambing pun ada yang merupakan kambing pedaging dan kambing yang diambil susunya saja. Namun dari kedua perbedaan tersebut, pada dasarnya perawatannya hampir sama, khususnya pada pakan yang diberikan.

Untuk menjaga kualitas daging dan susu yang dihasilkan dari kambing peliharaan anda, baiknya tak hanya pakan berupa rumput segar saja. Namun pemberian pakan fermentasi juga sangat dianjurkan. Sebab, pakan fermentasi ini justru sebenarnya memiliki manfaat yang lebih baik, apa lagi jika pembuatannya menggunakan suplemen khusus yang sudah banyak beredar di pasaran.

Salah satu vitamin atau suplemen ternak yang bagus saat ini adalah Suplemen Organik Cair atau SOC. Fermentor (obat fermentasi) ini diproduksi oleh PT HCS.

Cara Membuat Pakan Fermentasi Basah Untuk Kambing Dengan SOC

Sekilas tentang Suplemen Organik Cair (SOC)

SOC sendiri merupakan suplemen organik cair yang memberikan berbagai manfaat untuk hewan ternak, dalam hal ini kambing yaitu baik kambing pedaging maupun kambing yang hanya diambil susunya saja.

Seperti nama produknya sendiri, yaitu SOC (suplemen organik cair) yang menandakan bahwa produk ini terbuat dari 100% bahan alami. Sehingga anda tak perlu khawatir jika produk ini akan membahayakan kesehatan hewan ternak anda. Yang ada justru berbagai manfaat yang tak bisa anda peroleh dari pakan segar malah bisa anda peroleh dengan membuat pakan fermentasi menggunakan SOC ini.

Manfaat dan Kegunaan Suplemen Organik Cair (SOC) HCS

Nah, sebenarnya apa sajakah manfaat SOC untuk hewan ternak kambing? Berikut beberapa diantaranya.

  1. Dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan pada hewan ternak. Sehingga setiap makanan yang diberikan dapat diolah dengan maksimal. Dengan begitu, secara otomatis maka pakan tersebut akan dibentuk menjadi energi dan daging yang kemudian membuat kambing menjadi lebih cepat gemuk.
  2. SOC juga dapat meningkatkan level kualitas dan kuantitas hasil produksi ternak. Ya, tak hanya kuantitas yang berupa jumlah daging dan susu yang dihasilkan menjadi lebih banyak. Namun juga kualitas daging dan susu yang dihasilkan lebih baik. Dalam hal ini untuk daging sendiri akan menjadi lebih padat dan jarang terdapat selaput lemak. Sedangkan untuk susu akan lebih baik dalam segi nutrisi dan kekentalannya.
  3. Nah manfaat yang berikutnya ini akan sangat membantu hewan ternak kambing anda menjadi sangat cepat gemuk, dimana SOC juga dapat meningkatkan nafsu makan hewan ternak anda.
  4. Manfaat berikutnya yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol. Ya, tak hanya manusia, kambing pun berpotensi memiliki kadar kolesterol tinggi. Yang apabila kambing tersebut dikonsumsi manusia maka kolesterol di dalamnya akan berpindah ke tubuh manusia. Al hasil dapat mengganggu kesehatan anda bukan?
  5. Selain dapat membuat kambing menjadi lebih gemuk, SOC juga mampu membuat kambing lebih kebal terhadap berbagai serangan penyakit. Hal ini karena SOC mampu meningkatkan daya imun pada kambing.
  6. Jika anda biasanya enggan merawat kambing karena bau kotorannya yang sangat menyengat, namun dengan menggunakan SOC anda tak perlu mempermasalahkan hal itu lagi, sebab SOC juga dapat mengurangi bau tak sedap pada kotoran kambing

Sangat beragam bukan manfaat yang akan anda peroleh nantinya dengan membuat pakan fermentasi dari SOC HCS? Nah setelah mengetahui manfaat SOC untuk hewan ternak, kemudian yang wajib anda ketahui adalah cara pembuatan pakan fermentasi untuk kambing dengan menggunakan bahan campuran SOC.

Baca juga: Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing dari Gedebog Batang Pohon Pisang

Cara Membuat Pakan Fermentasi Basah Untuk Kambing Dengan SOC HCS

Untuk memulai membuat pakan fermentasi menggunakan SOC HCS ini, pertama-tama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan, antara lain terdiri dari:

1.      Limbah pertanian, dapat berupa gabah padi, gedebog pisang maupun dedaunan. Usahakan anda menimbang limbah pertanian ini seberat 100 kg.

2.      Siapkan pula katul atau dedak. Untuk jenisnya bisa basah maupun kering seberat 3 kg. Meskipun untuk pemakaian dedak kering lebih baik, namun dedak basah pun tak masalah karena nantinya bahan-bahan ini juga akan dicampurkan dengan air.

3.      Bahan lain yang dibutuhkan yaitu ampas tahu seberat 15 kg. Untuk ampas tahu ini cukup wajib, karena meskipun sudah berupa limbah namun kandungan protein di dalamnya bisa terbilang masih tinggi.

4.      Siapkan pula garam seberat ¼ kg. Ingat pilih garam yang mengandung yodium.

5.      Bahan berikutnya yaitu gula pasir yang kemudian diolah dengan cara direbus hingga berbentuk karamel, kemudian campurkan air ke dalamnya. Rebus lagi tanpa mengaduknya hingga karamel larut dalam air. Ingat untuk pembuatan cairan ini anda harus berhati-hati karena ketika mendidih uap yang dihasilkan gula sangat panas. Nah untuk lebih praktisnya anda bisa menggunakan tetes tebu, yaitu limbah dari proses pembuatan gula.

6.      Bahan terpenting yang tak boleh anda lupakan adalah SOC.

7.      Siapkan pula air, kira-kira 1 liter saja.

Ketika semua bahan sudah anda siapkan, kemudian siapkan alat untuk fermentasi yang dapat berupa ember besar yang lengkap dengan tutup, atau bisa juga menggunakan plastik besar ataupun alat lainnya yang bisa kedap udara.

Baca juga: Cara Bikin Pakan Fermentasi SOC Ternak Domba 1 Jam Jadi

Langkah Pembuatan Pakan Fermentasi Basah Untuk Kambing Dengan SOC

Setelah itu, baru ke tahap pembuatan pakan fermentasi dengan SOC untuk hewan ternak kambing, berikut langkah-langkahnya.

1.      Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mencincang (mencacah) limbah pertanian hingga berukuran kecil. Hal ini dimaksudkan agar pakan lebih mudah dicerna hewan ternak serta proses fermentasi dapat berjalan lebih maksimal.

2.      Setelah itu, campurkan bahan yang sudah dicincang dengan ampas tahu serta bekatul. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

3.      Di wadah lain, anda bisa mencampurkan gula atau tetes tebu dengan air yang sudah disiapkan tadi. Jangan lupa juga untuk mencampurkan SOC pada larutan ini. Kemudian diamkan selam kurang lebih 20 menit baru bisa dicampurkan ke bahan lain.

4.      Jika larutan sudah didiamkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian siramkan larutan tersebut pada bahan-bahan yang sudah dicampurkan tadi.

5.      Pada saat yang sama, taburkan pula garam di atasnya. Kemudian aduk semua bahan hingga rata.

6.      Langkah berikutnya adalah dengan memasukkan bahan-bahan tersebut ke plastik dan menutupnya rapat. Diamkan bahan-bahan ini dalam ruang hampa udara selama 1-3 jam agar proses fermentasi berlangsung dengan baik.

7.      Setelah 1-3 jam, anda bisa langsung memberikan pakan fermentasi kambing dengan campuran SOC ini pada hewan ternak.

Cara Membuat Pakan Fermentasi Basah Untuk Kambing Dengan SOC

Ketika pakan fermentasi ini sudah jadi dan kebetulan tidak habis sekali, jangan menutupnya kembali. Namun biarkan pakan tersebut dalam ruangan terbuka lagi. Hal ini bermaksudkan untuk menghindari proses fermentasi yang berlebihan, sehingga bakteri yang membantu proses fermentasi pun akan berjumlah lebih banyak dari yang seharusnya. Jika hal ini terjadi bukannya baik untuk hewan ternak namun justru bisa mengganggu pencernaan hewan ternak anda.

Baca juga: Proses Pembuatan Pakan Fermentasi Kangkung (Ternak Kambing Modern)

Rekaman kata kunci:

cara fermentasi rumput basah,cara membuat fermentasi rumput basah,fermentasi rumput segar,cara fermentasi jerami basah,fermentasi rumput,cara fermentasi rumput,fermentasi jerami basah,plementasi rumput,Cara bikin fermentasi jerami,rumput fermentasi,fermentasi rumput basah,cara membuat pakan kambing sendiri,cara permentasi,cara membuat pakan fermentasi basah,Cara membuat pakan fermentasi buat kambing,permentasi rumput,cara fermentasi rumput untuk pakan kambing,Fermentasi dedaunan segar,cara membuat pakan fermentasi kambing dengan rumput,cara membuat makan kambing,fermentasi basah dengan soc ternak ayam,cara bikin pakan fermentasi dari rumput segar,cara permentasi rumput,cara membuat obat fermentasi pakan kambing,cara membuat permentasi,Cara fermentasi rumput pakan kambing,vermintasirumput,cara membuat pakan ferrmantasi mengunakan rumput pola hcs,campuaran pakan kambing,cara membuat minuman kambing,cara membuat fermentasi pakan kambin,carA beri pakan kambing dengan kangkung kering,cara membuat pakan domba dari rumput com,