Cara Aplikasi SOC HCS Untuk Pakan Ikan Lele Fermentasi

Cara Aplikasi SOC (Suplemen Organic Cair) Untuk Pakan Ikan Lele Fermentasi

Posted on

Cara Aplikasi SOC HCS untuk Ikan Lele

Budi daya ikan adalah salah satu budi daya hewan yang paling menguntungkan. Bagaimana tidak, hanya bermodalkan kolam ikan dan pakan, tanpa perawatan rumit lainnya saja anda sudah bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Selain itu, jenis  ikan pun sangat beragam. Sehingga dapat disesuaikan dengan keadaan atau suhu di tempat anda tinggal. Ya, karena ikan merupakan hewan yang tumbuh kembangnya cukup terpengaruh oleh suhu.

Selain itu, tumbuh kembang ikan juga tentunya sangat tergantung dengan asupan pakan yang diberikan. Mungkin selama ini anda banyak memberikan pakan berupa pelet yang didapatkan dari toko-toko pakan ikan.

Memang benar pelet ini dapat dengan mudah didapatkan dan terbukti cukup cepat dalam membuat ikan menjadi besar. Akan tetapi, jika ikan hanya diberi pakan berupa pelet tanpa campuran pakan organik tentu kualitas dagingnya akan kurang bagus.

Nah oleh karena itulah, baiknya anda sering memberikan ikan berupa pakan organik yang terbuat dari beberapa bahan yang difermentasi. Dalam proses pembuatan pakan fermentasi untuk ikan ini, anda harus mencampurkan SOC (suplemen organic cair), yaitu sebuah suplemen bio organik yang memberikan banyak manfaat untuk pertumbuhan ikan.

Cara Aplikasi SOC HCS Untuk Pakan Ikan Lele Fermentasi

Selain itu, karena terbuat dari bahan alami, maka SOC ini sangat aman digunakan dan tidak beresiko menimbulkan efek samping bagi kesehatan ikan. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa manfaat SOC untuk ikan.

1.      SOC merupakan suplemen yang dapat meningkatkan nafsu makan ikan. Itulah mengapa SOC digunakan untuk campuran pakan fermentasi ikan. Karena dengan begitu maka ikan akan mengonsumsi pakan fermentasi yang diberikan dengan jumlah yang banyak.

2.      Karena nafsu makan ikan bertambah dan jumlah pakan yang dikonsumsi pun bertambah, secara otomatis maka pertumbuhan ikan akan menjadi lebih cepat. Bahkan pada beberapa jenis ikan seperti ikan lele, pertumbuhan bisa mencapai 2 klai lipat lebih cepat dari waktu normal.

3.      Tak sekedar cepat besar atau gemuk, namun kualitas daging yang dihasilkan pun sangat berkualitas. Ini bisa dibuktikan dengan warna daging yang putih bersih (untuk jenis ikan berdaging putih, seperti ikan mas). Selain itu, dalam tubuh ikan pun tak akan banyak dijumpai selaput lemak yang membuatnya berkendal ketika dimasak.

4.      Manfaat berikutnya yang mungkin tak anda sangka adalah daging yang dihasilkan dari ikan yang diberi pakan fermentasi dengan campuran SOC adalah daging yang bebas dari kolesterol. Jadi, bagi anda yang menderita penyakit kolesterol tak perlu lagi khawatir karena ikan yang anda konsumsi 100% sehat, asalkan anda juga mengolahnya dengan benar.

5.      Jika selama ini anda sering kali menjumpai endapan pada kolam ikan yang beraroma sangat tak sedap, dengan penggunaan pakan fermentasi ini endapan pada kolam ikan tidak akan beraroma semenyengat biasanya. Bahkan, endapan tersebut pun bisa digunakan untuk pupuk organik.

5 manfaat Supmenen Organic Cair (SOC) untuk ikan tersebut dapat anda peroleh dengan maksimal ketika anda rajin memberikan pakan fermentasi dengan campuran SOC setiap hari, minimal 1 kali sehari. Keuntungan lain dengan anda memberikan pakan fermentasi pada ikan adalah pengeluaran biaya pakan yang lebih murah.

Ya, karena bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pakan fermentasi ini merupakan limbah dan sangat mudah didapatkan. Apa saja bahan-bahan tersebut? Berikut beberapa diantaranya.

1.      Feses kambing sebanyak 50 kg.

2.      Tepung ikan sebanyak 10 kg.

3.      Ampas tahu sebanyak 30 kg.

4.      SOC HCS sebanyak 10 tutup botol saja.

5.      Air sebanyak 3 liter.

6.      Gula pasir sebanyak 2 sendok makan.

7.      Dedak atau bekatul sebanyak 10 kg.

Nah setelah semua bahan terkumpul, kemudian siapkan alat untuk membuat pakan fermentasi untuk ikan dengan campuran SOC ini, yaitu hanya terpal atau alas dan kantung plastik berukuran besar.

Jika sudah siap, lanjut ke langkah-langkah pembuatannya.

1.      Siapkan terpal di tempat terbuka, kemudian letakkan kotoran kambing dan tepung ikan, ampas tahu serta dedak di atasnya. Campur semua bahan menjadi satu.

2.      Pastikan semua bahan tercampur rata. Apa bila anda kurang nyaman dengan aroma fases kambing, maka bisa menggunakan sekop atau alat lain yang tak mengharuskan anda mencampurnya menggunakan tangan, kemudian pastikan anda menggunakan masker.

3.      Setelah semua bahan tercampur rata, diamkan selama beberapa menit.

4.      Sembari menunggu, anda bisa membuat larutan yang terdiri dari campuran 10 tutup botol SOC, 3 liter air, dan gula pasir. Campur semua bahan hingga gula pasir larut kedalam air dan SOC.

5.      Langkah berikutnya adalah dengan menyiramkan larutan ini pada bahan-bahan yang telah dicampur tadi. Pastikan anda menyiramkannya dengan rata. Tak perlu terlalu banyak, asalkan semua bahan sudah basah oleh larutan tersebut.

6.      Kemudian aduk lagi hingga semua bahan dan larutan tercampur menjadi satu.

7.      Baru setelah itu masukkan bakal pakan fermentasi untuk ikan dengan campuran SOC ini  ke dalam kantung plastic yang telah disiapkan sebelumnya,

8.      Tutup rapat kantung plastik hingga menjadi ruang hampa udara. Tujuan mengapa kantung plastic harus hampa udara adalah karena bakteri yang membuat bahan-bahan tersebut berfermentasiakan berkembang dengan baik pada ruang hampa udara.

9.      Setelah tertutup rapat, diamkan pakan fermentasi ini selama kurang lebih 3 jam.

10.  Pakan fermentasi untuk ikan dengan campuran SOC pun siap diberikan pada ikan-ikan anda.

Yang harus anda perhatikan dalam aplikasi Suplemen Organic Cair SOC ini adalah jumlah larutan SOC yang digunakan serta lama proses fermentasi. Pastikan anda mencampurkan larutan dengan dosis yang pas. Karena larutan inilah yang akan menumbuhkan bakteri.

Selain itu, waktu atau lamanya proses fermentasi (pendiaman bahan-bahan dalam kantung plastik hampa udara) juga akan sangat mempengaruhi hasil pakan ikan tersebut. Di mana ketika anda mendiamkannya lebih dari 3 jam maka pakan fermentasi tersebut akan ditumbuhi bakteri dalam jumlah yang sudah tak baik lagi untuk dikonsumsi, atau dengan kata lain pakan fermentasi tersebut akan kurang baik lagi diberikan pada ikan-ikan anda.

Setelah membahas semua manfaat dan proses pembuatan pakan fermentasi untuk ikan dengan campuran SOC, mungkin anda bingung dimana bisa mendapatkan SOC.

Jangan bingung, Karena Suplemen Organic Cair SOC dijual di seluruh daerah di Indonesia.Dan yang lebih mudahnya, SOC HCS juga dapat dibeli secara online. Jadi bagi anda kebetulan tak sempat untuk pergi ke took pertanian dan pakan hewan, hanya dengan berdiam diri dirumah pun SOC bisa dibeli dan akan diantar sampai ke tujuan.

Untuk masalah harga pun tak perlu resah, karena produk bermanfaat dan berkualitas terbaik ini dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau. Anda bisa membandingkan sendiri dengan suplemen-suplemen organic cair lainnya.

Segera dapatkan SOCHCS dan buktikan sendiri manfaatnya. Info Harga SOC HCS untuk ikan lele klik: SUPLEMEN ORGANIK CAIR untuk Lele.

Rekaman kata kunci:

bioboost untuk lele,soc ikan,Cara aplikasi soc pada kolam terpal,cara aplikasi soc di ikan lele,socikan,soc fermentasi untuk pakan ikan,pakan ikan koki agar cepat besar,pelet ikan lele fermentasi,aturan makan ikan lele pola hcs,cara ternak ikan mas pola hcs,manfaat soc HCS untuk ikan,pencampuran soc hcs dengan pakan buatan pabrik,buat pakan ikan dengan soc,lamanya pakan ikan yang di permrntasi,lele organic,konsentrat ikan mas cair,mafaat fermentasi pelet,Makanan ikan cair,manfaat fermentasi pada pakan ikan,manfaat soc buat ikan nila,www suplemenorganiccair com,kegunaan SOC untuk ikan,harga tesaki cair,buat pakan ikan nila pola hcs,budidaya ikan soc,campuran air dari setiap tutup SOC,campuran soc dalam pelet kimia,cara aplikasi gdm pada pakan lele fermentasi,cara membuat fermentasi suplemen ikan lele,cara menggunakan KONSENTRAT SOC perikanan,cara menggunakan SOC pada ikan,dosis aplikasi mkabio,Fermentasi pelet (soc,