Beras Hitam Organik Menggunakan Pupuk Cair SOT HCS

by

Beras Hitam, menurut sejarah adalah makanan para Raja dan Kerat Kerajaan di Jawa. Sedangkan di China Beras Hitam adalah makanan para Kaisar dan para Punggawanya. Bahkan begitu besar kasiat beras hitam, di China rakyat biasa dilarang mengkonsumsi beras yang kaya akan nutrisi ini. Makanya di sana disebut Forbiden Rice (Beras Terlarang) Jika rakyat mengkonsumsi beras ini, dikhawatirkan otaknya jadi cerdas, tubuhnnya, jadi perkasa. Dengan begitu berakibat rakyat bisa “Njongkel Kewibawan Keraton” artinya Rakyat bisa memberontak Kerajaan. Sebab itu jika ketahuan Rakyat menanam beras hitam bisa mendapatkan hukuman sangat berat, dipotong lehernya.

Itu cerita yang selalu disampaikan turun temurun oleh nenek moyang kita. Tapi di jaman sekarang situasinya sudah berbeda. Rakyat bebas menanam apa saja, yang penting bermanfaat untuk Rakyat banyak.

Saat itu bulan Oktober 2013, ketika ada acara HCS di Kediri, Kami ditawari oleh Mitra Kami Mas Rusda, beberapa bungkus Beras Hitam dan beberapa kantong Bibitnya. Tentu saja gayung bersambut. Saat Kami memikirkan komoditas apa yang harus diangkat untuk menunjang perkembangan Aplikasi HCS, datanglah Bibit Beras Hitam.

Sepulang acara bertepatan dengan Musim Tanam 1 di Kampung, Saat itu Kami sudah tanam Padi biasa Full Organik Pola HCS yang ke tiga kali. Maka yang ke 4 ini langsung Kami Aplikasikan Beras Hitam beserta beberapa Mitra yang sudah berani Aplikasi tanpa Pupuk Kimia maupun Pestisida Kimia.

Beberapa Mitra dari Bojonegoro, Cepu dan Lamongan akhirnya ikut serta Aplikasi Beras Hitam.
Alhamdulillah… mulai persemaian, penanaman, pertumbuhannya sangat menyenangkan. Subur, ijo royo-royo, anakannya sekitar 30-50. Bahkan tetangga saat itu banyak yang terserang sundep alias Ngacung gak berisi, dan serangan potong leher yang mengenaskan, Beras Hitam Kami tetap tegar tak terkena penyakit apapun. Sehingga mengundang decak kagum para petani yang melewati lahan kami.

Body-nya yang JANGKUNG ketika baru “mlecuti” padi mulai keluar, belum berisi, membuat tetangga kanan-kiri memprediksi, setelah berisi Pasti roboh. Kami juga sempat khawatir hal itu terjadi. Sebab jika terjadi roboh ketika belum tua, banyak tenaga yang dibutuhkan untuk menangani, alias menambah biaya operasional. Tapi prediksi itu ternyata tidak terbukti. Ternyata Beras Hitam Kami tetap tegar berdiri sampai panen.

Saat itu Kami menggunakan Bokashi dari kotoran puyuh yang kami beli dari Mitra Kami Di Ngasem Bojonegoro. Fermentasi yang kami lakukan sesuai dengan materi PDTM. Pertama menggunakan PHEFOC, mengingat baunya masih menyengat. Ketika dibuka panasnya sampai menggosongkan terpal yang kami pakai. Dilanjut menggunakan SOT selama 3 hari, terpal yang gosong tadi jadi pada bolong terbakar, saking panasnya fermentasi. Awalnya kami takut Mikrobanya pada mati kepanasan, ternyata setelah diaplikasikan hasilnya Bagus sekali. SOT luar biasa… ! ! !

Beras Hitam Organik HCS

Umur 95 hari Beras Hitam kami Panen Raya. Butir-butir padinya mentes dan berat. Minim sekali yang hampa/kopong. Sehingga panen Beras Hitam melimpah, dengan biaya operasional yang murah. Kemudian Kami tawarkan pada para tetangga, para Mitra HCS, saat dialog Pubik di Pendopo Malowopati (Pendopo Kabupaten Bojonegoro) maupun kami perkenalkan lewat online, Beras Hitam Organik Pola HCS Laris Manis.

Beberapa orang yang mengkonsumsi, langsung merasakan perubahan terhadap kesehatannya. Beberapa teman yang sudah terlanjur kena Stroke dan Diabetes, rata-rata 40-60 hari mengkonsumsi, sudah mulai membaik. Sebab itu kami harapkan seluruh Mitra HCS menanam Beras Hitam. Selain untuk menyehatkan badan seluruh keluarganya, sisanya dijual untuk Menyehatkan Dompet, karena harganya yang relatif tinggi. Di daerah Bojonegoro harga berkisar 30.000 – 35.000. Di Jakarta harga 40.000 – 50.000. Di Sulawesi lebih tinggi lagi 50.000 – 70.000. dan masih banyak variasi harga Beras Hitam Organik.

Ini adalah Peluang… bagi yang bisa membacanya. Jika peluang ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, akan memberikan manfaat untuk kita. Jika hanya didengar dan tidak dilakukan, hanya menjadi informasi yang menarik, tapi tidak akan merubah nasib kita.