Aplikasi SOT Untuk Cabai

Aplikasi SOT (Suplemen Organik Tanaman) Untuk Cabai

Posted on

Aplikasi SOT Untuk Cabai

Aplikasi SOT HCS untuk pupuk Cabai>> Cabai merupakan salah satu tanaman yang paling banyak dijadikan sebagai tanaman utama oleh petani di Indonesia. Hal ini tentu saja didasari oleh kebutuhan masyarakat akan cabe yang tidak pernah ada habisnya. Seperti yang anda ketahui, sebagian besar masyarakat Indonesia sangat menyukai rasa pedas, sehingga tidak akan sempurna rasanya jika makan tanpa sambal atau olahan dari cabai lainnya.

Demi memenuhi permintaan cabe dan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak, kini petani cabai di Indonesia sudah semakin banyak yang menggunakan suplemen organik tanaman. Untuk tumbuhan yang satu ini, tentu anda harus mengetahui bagaimana cara atau aplikasi suplemen organik tanaman (SOT) untuk cabai yang paling tepat terlebih dahulu.

Karena akan sangat sia-sia meskipun anda sudah menggunakan suplemen organik tanaman (SOT), namun cara pengaplikasiaanya yang kurang tepat. Hal pertama yang harus anda ketahui mengenai aplikasi suplemen organik tanaman (SOT) untuk cabai ialah takarannya. Untuk takaran sendiri, anda cukup menggunakan lima tutup botol suplemen ini, dan tinggal dilarutkan pada air sebanyak 14 liter.

Lalu, kapan waktu terbaik bagi anda untuk aplikasi suplemen organik tanaman untuk cabe ini? Anda cukup menyemprotkan campuran suplemen organik dan air tadi sebanyak tiga kali. Dan jarak waktu yang paling baik ialah 15 hari sekali. Jangan terlalu sering menggunakannya, karena hal ini malah akan membuat tanaman cabai tidak bisa tumbuh dan dipanen dengan baik.

Suplemen organik tanaman (SOT) dari HCS ini tidak hanya bisa meningkatkan produksi tanaman cabai, namun juga akan mengurangi gugurnya bunga cabai, yang secara otomatis akan memberikan kesempatan panen buah cabai yang semakin banyak.

Baca juga: Cara Penggunaan SOT HCS untuk Tanaman Jagung

Karena tanaman cabai juga merupakan salah satu tanaman yang cukup beresiko akan serangan penyakit, suplemen organis tanaman (SOT) ini juga diramu sedemikian rupa sehingga bisa mengurangi resiko tersebut. yang terpenting, anda harus memahami aplikasi suplemen organik tanaman (SOT) untuk cabai secara benar.

Jika sudah mengetahui kegunaan dari suplemen organik tanaman (SOT) dan aplikasi pupuk organic untuk cabai, maka sudah tidak ada lagi alasan atau keraguan lain yang harus anda pikirkan. Demi hasil panen yang lebih baik, jangan lupa untuk menggunakan suplemen organik tanaman (SOT) anda.

BACA: Harga dan Cara Beli SOT HCS

Aplikasi Suplemen Organik Tanaman Untuk Cabe

 

Pemeliharaan Cabai Organik Pola HCS dengan Pupuk Cair SOT

Terdapat beberapa langkah penting yang perlu dilakukan pada saat pemeliharaan cabe:

  1. Perompesan dilakukan terhadap tunas samping yang muncul sebelum pembungaan (masa generatif) agar tanaman tumbuh besar terlebih dahulu (masa vegetatif). Lakukan Perompesan daun-daun tua, bunga pertama dan seluruh tunas yang keluar dari ketiak daun di bawah percabangan pertama.
  2. Lakukan penyiraman apabila tidak ada hujan, penyiraman dilakukan setiap hari sampai umur 2 minggu, setelah itu penyiraman cukup dilakukan 2-3 kali seminggu atau sesuai dengan kondisi kelembaban tanah. Penyiraman tanaman sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum jam 09.00 pagi, karena pada siang harinya tanaman banyak membutuhkan air untuk proses fotosintesis. Penyiraman sebaiknya dilakukan dengan menggunakan sprayer.
  3. Pengajiran Ajir (lanjaran) ditancapkan dalam polybag di samping tanaman pada jarak 10 cm dari pangkal batang. Hal ini untuk membantu menopang tanaman.
  4. Pengikatan dilakukan pada ajir membentuk huruf “8“ sehingga tidak menghambat pertumbuhan batang. Pengikatan dilakukan pada ajir sebanyak tiga simpul setiap tanaman yaitu : di bawah cabang Y pada umur 10-15 hari setelah tanam (hst), di atas cabang Y umur 30-40 hst dan pada waktu pembesaran buah umur pada umur 10 – 15 hari hst, di atas cabang Y umur 30 – 40 hst dan pada waktu pembesaran buah 50 – 60 hst.
  5. Penyiangan dilakukan bersamaan dengan pemupukan yaitu setiap 2 minggu sekali dengan mencabut rumput/gulma di sekitar tanaman cabe.
  6. Pemupukan setelah usia 1 minggu, semprot tanaman dengan SOT (4-5 tutup botol SOT dilarutkan dalam 14 liter air) dan lakukan seminggu sekali pada tanaman. Umur 30 dan 60 hari setelah tanam : masing-masing 1/3 bagian dari sisa campuran Urea dan ZA pada pemupukan dasar.Setelah 2 minggu dipupuk dengan Urea sebanyak 5 gr/tanaman atau 1 ons dilarutkan dengan air dan siramkan untuk 20 tanaman, dan dilakukan setiap 2 minggu sekali sampai umur 2,5 bulan. Penggunaan pupuk kimia hanya diberikan max 30 % dari penggunaan Urea ketika tanpa menggunakan SOT.
  7. Hama yang dominan menyerang adalah kutu daun, thrips dan lalat buah sedangkan penyakit yang timbul diantaranya layu bakteri dan virus mozaik yang menyebabkan stagnasi dan kematian tanaman.Pengendaliannya : Untuk mengendalikan hama lalat buah dapat digunakan perangkap yang telah diolesi dengan Antraxtan/ lem yang mengandung “eugenol“ untuk menarik lalat buah yang ditempatkan setiap sudut lokasi pertanaman cabe dalam polybag. Untuk mengendalikan serangga pengisap daun seperti Thrips, Aphid, penyakit busuk buah kering (Antraknosa) yang disebabkan cendawan, gunakan fungisida dengan menggunakan PHEFOC Produk HCS. Dosis dan aplikasi masing-masing obat tersebut dapat dilihat pada labelnya.

Masa Panen dan Pemetikan Cabai:

Pada umur 60 hari setelah tanam, cabe dalam polybag sudah masuk fase generatif yaitu mulai berbunga dan pematangan buah sampai umur 70 hari setelah tanam. Panen pertama dilakukan pada umur 75-80 hari kemudian panen berikutnya setiap 3-4 hari sekali / sesuai dengan kondisi buah.

  1. Pemetikan dilakukan dengan hati-hati agar percabangan/tangkai tanaman tidak patah.
  2. Setelah pengunduhan lakukan penyemprotan dengan SOT HCS dan PHEFOC bergantian selang seminggu dan begitu juga seterusnya.

Demikian teknis budidaya tanaman cabe secara singkat dengan menerapkan pola organik menggunakan produk HCS. Semoga bermanfaat dan berhasil.

Cara mendapatkan Pupuk Cair SOT HCS .

Untuk cara mendapatkan pupuk cair atau suplemen SOT HCS sangatlah mudah, anda bisa langsung memesan kepada kami agen SOT – HCS Indonesia. Kami menerima pemesanan dari seluruh wilayah di Indonesia, pengiriman kami lakukan setelah anda melakukan pemesanan via SMS dan barangnya akan kami kirim via JNE atau Indah Cargo. Untuk mencoba produk ini, Anda bisa order di halaman khusus tentang SOT HCS. Atau klik tombol di bawah ini:

Cara Order SOT HCS

Rekaman kata kunci:

cara aplikasi sot hcs,cabe hcs,tanaman cabe pola hcs,Tanam cabai pola HCS,cara meningkatkan hasil produksi cabai dengan SOT,cara pemakaian pupuk dengan sistem hcs,tanaman cabe,cara guna Sot hcs cabai,pupuk cair untuk cabe,cara penggunaan sot hcs pd tanaman,sot untuk tanaman,suplemen untuk tanaman cabe,cara mengaplikasikan sot pada bulutan pola hcs,mitra hcs cabai,Sot untuk cabai,cara tepat menggunakan SOT pupuk cair,fungsi pupuk organik sot,suplemen untuk tanaman cabai,aplikasi pemakaidan phefok pada tanaman cabe,menanam cabe hcs,aplikasi sot pada tanaman buah vidionya,bagai mana tanaman cabe bila memakai SoT,budidaya cabe lotanbar,budidaya cabsibpola hcs,www cara menggunakan sot hcs pada tanaman cabai com,Cara Menggunakan SOT pada tanaman,cara menggunakan SOT cair,cara menggunakan produk sot untuk tanaman cabe,budidaya cabe pola hcs,cara menanam cabe ala hcs,Cara membuat supemen untuk tanaman,Cara aplikasikan sot,aplikasi sot,